Dear All,

Tks bgt untuk yang udah kasih input yaitu Putu, Kia Wati, Bagus Imam,
Joscelind Ellen, Tere, Elly Mahesa Jenar, Nina, Fatmawati Dewi, Farrel
AGS, Bildibak Sonta, Rifa, Dina Wibowo, Wenny, Dyah Haruki, Che-Hui Wu,
Rosa, Arlita Soedjito, Winda, Sudarini.

Berikut summary yang bisa saya rangkum untuk Bank-bank yang menyediakan
KPR/Cicilan rumah.

--- putu ---
Untuk kredit bank niaga sepertinya bagus.
Coba minta aja penjelasan dan syarat2 kredit bank niaga ke Yudhi,
08161845344. minta dikirimin by fax.

--- kia wati ---
Yang aku tau seh cuma di Bank Niaga, tp kyknya bunga untuk rumah second
sama semua deh..yaitu 12.75 %. Klo mau tanya-tanya hubungi aza bu Riri
di 7697101.

--- Bagus Imam ---
Saya belum pernah ambil KPR sehingga tidak bisa mereferensikan
berdasarkan pengalaman. Tapi, saya nasabah Permata Bank, dulu juga
kantor saya di gedung bank permata sudirman sehingga saya tahu bahwa
mereka memiliki KPR... untuk   informasi lebih lanjut, Ibu dapat
menghubungi PermataTel: 021-7456.888.

--- joscelind ellen ---
Setahu aku bank NISP bisa untuk KPR. Tapi aku kurang jelas mengenai
bunga dan prosedurnya.

--- tere ---
Coba deh buka www.klikbca.com disitu ada penjelasannya dan simulasi
pengajuan KPR-nya.

--- Elly Mahesa Jenar ---
Aku baru ambil KPR rumah second melalui PANIN Bank,...
Enaknya di PANIN,...ga perlu pake NPWP segala!!!
Kalo di mandiri, aku udah nanya2,....mereka butuh NPWP,...
Proses di Panin jg cepet koq,...
Aku aja cuma kasih slip gaji, tanpa PPh tahunan, udah langsung di
proses,...
Kalo di Bank NIAGA, mereka udah OVERLOAD,...
Karena gencar promosi, banyak apply kredit ke bank niaga,...
Tapi akibatnya,...proses kredit di bank niaga, bisa makan waktu 3
bulan,..
Aku di panin, cuma 2 minggu langsung cair,.. karena surat2 udah lengkap,

--- nina ---
Saya pernah punya pengalaman KPR untuk rumah second, waktu itu pakai
bank NISP. Yang penting syaratnya lengkap Sudah SHM (copy), IMB (copy),
Tanda lunas PBB 3 th terakhir (copy), blue print (copy) bisa dilewati 2
mobil, surat keterangan dari perusahaan & isi form dr bank. 3 hari sth
itu sudah ada pesetujuanya. Pada saat akad semua aslinya baru dibawa
oleh pemilik lama sekalian dibayar langsung oleh bank Apabila saya ada
rejeki lebih saya bisa cicil untu menutupi outstanding sehingga waktu
angsuran lebih cepat. Pada waktu pelunasanpun surat 2 rumah yang ditahan
langsung diberikan pada saat itu juga. Alhamdulillah semuanya lancar
tidak harus mondar- mandir

--- fatmawati dewi ---
halo mbak ika, saya pernah mau mengajukan KPR lewat bank, untuk rumah
second hand juga, tapi rencana itu gagal karena dibutuhkan NPWP, jadi
memang persyaratannya lumayan susah, tapi untuk pertimbangan bunga, pada
dasarnya semua bank hampir sama, toh ada perbedaaan cuma sedikit, kalo
mbak punya NPWP akan lebih mudah lagi untuk emngajukan permohonan. Coba
pake bank mandiri atau Bank BNI, suku bunganya cenderung lebih rendah,
karena dia bank negara.

--- Farrel AGS ---
KPR BTN itu bunga 14 % tapi flat klo efektifnya dia 16-18 % jadi
selisihnya 4 - 6 % kalau dikonversikan ke duit selisih tiap bulan 200 -
250 ribu.
Murah apa mahal uang sebesar itu??
bisa di cek di
www.bankniaga.com
www.btn.co.id

--- bildibak sonta ---
coba deh ke bank syariah mandiri, setahu saya DPnya 36% dari harga
rumah, dan dapat dicicil, thanks

--- Rifa ---
tul.. paling gampang btn. bunga saat ini memang sedikit tinggi dr bank
lain 1- 2 % an dech. tp ngurusnya paling mudah. dan gak ribet.

--- Dina Wibowo ---
Bisa coba ke BNI. Interest-nya lebih rendah dari Danamon & BTN. Prosedur
ngurusnya gampang.

--- Wenny EP ---
Kalau menurut aku yang paling enak  ke BTN aja.

--- Dyah Haruki ---
Coba Tanya ke Bank Niaga... Kalo gak salah (suami sih, yang pernah
nanya2 ke sana)... prosesnya lebih gampang dibandingkan dengan Bank
lain... dan jangka waktunya paling lama...

--- [EMAIL PROTECTED] ---
mbak lokasi dimana?? kalo saya ngambil KPR di bank PANIN Pekanbaru
(bunga gak gitu tinggi deh dan syarat2 sesuai ketentuan umum)

--- Rosa ---
Mbak bisa coba di Bank Buana. Sekarang kan lagi bunga murah?

--- Arlita Soedjito ---
Kalau sepupuku kurang lebh 3 bulan yg lalu baru saja beli rumah second
yg dibayar secara KPR melalui Bank Niaga. Aku sendiri juga pakai service
Bank NIaga tapi kebetulan ngambil rumah dr developer. Proses 2 mingguan
asal syarat2 lengkap.
Biasanya akan ada tim dr Bank NIaga untuk menaksir harga rumah yg mbak
akan beli.
Biasanya sih memang harga yg dihitung lebih murah dr harga pasaran,
maksimum kredit sampai 60 - 70%.
Tahun ini bunga kalo gak salah 13.5% utk rumah second kalo rumah baru
12-13%

--- Winda ---
coba btn, selama ini memang terkenal sebagai bank yg mengkhusukan diri
untuk kredit perumahan, dan alhamdulillah selama berkiprah nggak ada
masalah, bunganya rendah dan juga cepat prosesnya asal kelengkapan
dokumennya lengkap semua,.....

--- sudarini ---
mba coba aja bank mandiri

Pokoknya terima kasih banyak.