Mbak Christine

Kondisi plasenta di bawah setahuku disebut Plasenta Previa (CMIIW)
Ini ada sedikit info tentang Placenta Previa, semoga membantu

==================
PLASENTA PREVIA

Plasenta atau ari-ari baru terbentuk sempurna pada usia kehamilan 17
minggu (sekitar 4 bulan). Setelah terbentuk lengkap, plasenta akan
bertambah besar sesuai dengan proses pertumbuhan rahim dan penyakit yang
diderita plasenta. Proses bergesernya plasenta bersifat pasif, artinya
sangat tergantung dengan proses pembesaran rahim, dan ini dimulai pada
kehamilan 28 minggu hingga kehamilan sekitar 36 minggu.

Oleh karena itu keputusan untuk menegakkan diagnosis plasenta previa
(plasenta menutupi lubang mulut rahim bagian atas) dan melakukan bedah
sesar berencana pada usia kehamilan 36 minggu. Kecuali bila terjadi
perdarahan banyak, maka operasi dapat dilakukan lebih awal. Saat ini
diagnosis plasenta previa menjadi lebih mudah dengan adanya USG di mana
tepi plasenta akan terlihat menutupi jalan lahir.

Cara lain adalah dengan memeriksa fisik ibu. Semisal adanya kelainan
letak janin atau bagian bawah janin belum masuk pintu atas panggul pada
kehamilan 36 minggu. Pada perabaan forniks uteri (suatu daerah puncak
vagina di sisi luar mulut rahim) saat kehamilan 28 minggu dan bagian
terbawah janin adalah kepala, teraba bantalan lunak di sekitar kepala
janin. Bantalan lunak tersebut adalah plasenta.

Cara lain yang lebih invasif adalah melakukan periksa dalam di kamar
operasi saat usia kehamilan 36 minggu atau taksiran berat janin 2500
gram. Kejadian plasenta previa dapat berulang pada kehamilan berikutnya.
Apalagi bila si ibu pernah menjalani operasi sesar dan hal ini sangat
sulit dicegah. Yang penting adalah diagnosis dini adanya plasenta
previa. Bila terjadi plasenta previa kembali, maka Ibu harus membatasi
aktivitas yang dapat merangsang kontraksi rahim. Di antaranya jangan
bersanggama dan atasi kelainan yang ada sebaik-baiknya.