From: Rina Sofiany [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Saturday, May 21, 2005 8:05 AM
To: balita-anda@balita-anda.com; [EMAIL PROTECTED]
Subject: [balita-anda] Must see in Lombok

Yup, tahun lalu aku ke Lombok dan nginep di Holiday Inn Senggigi.
Sekitar 20-30 menit dari kota Mataram.
Enaknya memang dekat pantai, tapi Holiday Inn ini termasuk hotel yang
paling ujung, jadi kalau mau ke pusat keramaian Senggigi harus keluar
dan perlu kendaraan. Kalau Sheraton sih kaya'nya gak jauh dari pusat
keramaian Senggigi.

Kalau udah ke Lombok jangan lupa ke trigilis, 3 pulang kecil yang bisa
dilihat. Kalau bisa berenang dan diving malah lebih asik lagi, meskipun
bagi yg gak bisa berenang (misalnya ya saya ini) perjalanan ke Gili Air
sudah sangat menyenangkan, maklum waktu itu pergi ber-3 dengan Nadya yg
baru 3 tahun, jadi perlu ke pulaunya pulau yg deket aja.

Ini aku dapat summary liburan ke Lombok temen-temen milisku yg lain, yg
aku bikin sebagai ancer-ancer selama liburan di Lombok

rina rinso

---------------------------------

Rin,

Kamu dapet jatah berapa hari di lomboknya? Kalo dapetnya paling enggak
seminggu nich...kamu kudu pergi ke tempat yang namanya gili (artinya:
pantai, cmiiw) nah, di sana tuch ada 3 gili yaitu gili trawangan, gili
...., gili.... (gue lupa 2 lagi)....nah 3 tempat itu katanya sich
berdekatan, jadi elu dari lombok, naek boat lagi terus nginep
dech....Gue waktu honeymoon kan di lombok (abis taon baru 96) cuman 4
hari...jadi kaga sempet ke 3 gili itu...gue dikasih tau sama sopir
sewaan di lombok...katanya tempatnya bagus, tenang en cocok buat
honeymooners hehehe...

Terus, ke pantai Aan yah, liat pasir-pasirnya yang seperti kerikil putih
bulet-bulet...lucu dech...bisa diambil terus jadiin pajangan kalo punya
vas transparant bagus dech...

Kalo soal makanannya, yang kudu dicoba tuch ayam taliwang en kangkung
pelecing...aduchhhh, sedapnya...

Duchhh...jadi pengen ke lombok lagi nich...

salam,
revy

hi rin..

betul banget kata revy...gili itu mesti kamu kunjungi..pas honeymoon
kemarin aku ke gili trawangan (kl ga salah, yang pasti yang paling jauh
en paling bagus)..tp ga nginep.

oh ya, sekarang lombok itu super seppppiii ya kondisinya..

nah naik boat, sampai ke gili itu..disana airnya jernih banget..sampe ga
usah snorkling kamu pun bisa liat ikan lalu lalang dgn clear..

aku tinggalnya di novotel lombok..pasir di belakang hotelnya bulet2
gitu, en bersih... cuma kemana2 jauh..tp bagus en tipe bungalow gitu..

ok deh ..met liburan ya
alice loh

Mbak Rina,

Berikut posting dari milis jalansutra kalau Mbak Rina mau ke Lombok,
tentang makanan terutama. Tapi namanya selera, tiap orang bisa
beda-beda.
Kata yang satu enak, belum tentu bagi yang lain.

Semoga bermanfaat,
Herru

Ayam taliwang ...

Klo di 2M itu cenderung mahal .. Dan menurut saya ada yang lebih enak
..Yaitu ayam taliwang di depan bioskop irama (tepat di sebelah timur
SMPN2 Mataram).. Warung-nya warung tenda .. Tapi menurut saya di
bandingkan tempat lain di sini bumbu ayam taliwangnya yang paling terasa
.. Pedas ..
Klo mami saya biasanya minta ayamnya di goreng sebentar baru di bakar
Di sini juga di sediakan beberuk <- ini semacam sambal yang dibuat dari
potongan cabe dan terung yang bulat-bulat kecil, ada kacang panjang yang
di rajang kecil2, rasanya segar karena mungkin masih mentah (sayurannya
tidak di rebus) .. Di sediakan juga sate ampela ati dan tenntu saja
pelecing kangkung .. Saran saya klo ga bisa pedas .. Harap memberitau
yang jual karena nilau defaultnya adalah pedas ..

Pelecing Kangkung ..

Kalo pelecing kangkung yang paling enak dan yang paling pedas yang
pernah saya makan adalah pelecing kangkung di daerah perempatan seruni
(biasanya orang mataram tau perempatan ini).. Dari perempatan itu ke
arah timur sekitar 10 - 15 mtr ... Nah dulu waktu SMU di YK teman saya
ada yang ikut main ke mataram .. Dia bilang ingin makanan yang paling
pedas .. Waktu saya bawa ke mari dia agak keder liat ibu penjual
pelecing waktu ngulek sambel (buset banyak bener cabenya .. Gitu
katanya).
Akhirnya setelah pelecing jadi dia ga berani makan karena keliatannya
terlalu pedes untuknya .. Ya saya habiskan pelecing kangkungnya .. Dia
hanya ngeliat sambil geleng2 kepala .. Ha ha ha ha

Sate Pusut ..

Untuk makanan ini saya masih rancu apakah ini makanan khas lombok atau
bali ya ? .. Tapi klo di mataram saya biasa beli sate pusut di pasar
ampenan .. Saya ga terlalu tau pastinya tapi biasanya saya antar mami
saya sampe depan pasar dan dia yang berkelana mencari sate pusut ini

Sate Ampet

Sate ini dibuat dari usus atau daging sapi .. Kuahnya pedas dan
sepertinya dibuat dari santan ... Ada di mana-mana .. Senggigi, narmada
, suranadi Favorit saya sate ampet di suranadi .. Suranadi <- semacam
tempat wisata yang berupa hutan lindung .. Di sana juga ada pura hindu
yang cukup unik .. Di dalam pura itu ada kolam .. Dan seingat saya di
kolam itu ada belut yang besar .. Klo pas ada pawangnya belut itu bisa
kita pancing untuk nongol di kolam dengan telur ayam .. Belutnnya gede
banget ... Di suranadi juga ada kolam renang yang airnya alami dari
pegunungan jadi duiiingiin banget ... Lantai kolam ini bebatuan .. Jadi
serasa berenang di sungai yanng jernih banget .. Dulu waktu kecil biasa
habis berenang ..
Kita pesan lumpia yang hangat .. Hmmm yummy .. Di suranadi juga ada
rumah makan fave keluarga saya ..
Namanya lupa .. Tapi kita biasa kita pesan satu set makanan yang terdiri
dari berbagai jenis makanan .. Ada pelecing kangkung, ayam taliwang
..(lainnya lupa) tapi ada satu menu favorit saya ...
Saya ga tau namanya tapi penggambarannya : ayam yang di suwir-suwir lalu
dimasak dengan bumbu pedas ..
Saya dan adik2 saya biasa menyebut ayam set-setan ..
Karena klo disini kita biasa pesan menu
dalam set makanan ...

Oh ya .. Tentang narmada ... Jangan sampe lupa air awet mudanya .. Konon
tempat ini adalah istana / tempat peristirahatan raja .. Jadi tempatnya
cukup bagus .. Cuma mungkin agak kurang terawat .. Di narmada ada satu
sumber air yang di percaya bisa sebagai obat awet muda .. Tapi saya
sudah minum berliter-liter tetap aja bertambah tua .. (mungkin ga mempan
untuk saya) ha ha ha ha

----

aku barusan nginap di cakra dan gili trawangan akhir agustus. aku sih
pilih rate paling murah sampe 50 rban. maklum backpacker he..he.. di
cakra dapat yg 25rb/malem, di gili trw 30rb/malam incld breakfast, tapi
aku cukup puas dgn yg di gili trawangan kao yg di cakra ndak recommend
deh, kemaleman sih ndak banyak waktu pilih2..itu single lo kalo double
ndak jauh dari itu deh....

Rate 60-200 sih dah dapat yang lebih baik mestinya.
jangan khawatir lombok banyak penginapan kok, dan mulai bergeliat lagi
wisatanya

jangan lupa plecing kangkungnya dan salam buat
ikan2+coral di 3 gili ya..he...he..met lombok..

Aku gak terlalu tau harga terbaru skrg ya. Tapi, waktu aku pergi ke
Lombok 2 tahun yg lalu, sih harganya emang segitu. Aku nginep di Hotel
Ray (or Rey?? Ah lupa, pokoknya sebelah kantor travel Perama), Rp45,000
utk yg kamar pake fan, Rp60,000 utk kamar yg pake AC. Kl yg seberangnya
(lupa nama hotelnya), Rp150,000 tp bener2 di pinggir pantai Senggigi. Kl
budget akomodasi di sana dgn rate 60-200, aku rasa skrg bisa dpt tempat
yg bagus bgt. Survey aja kl dah sampe. Rata2 turis (yg dr Europe & US
kali ya) kayaknya jg gak banyak yg tinggal lama di Senggigi soalnya
tujuan mereka lebih ke Gili Islands. Jd Senggigi cuma titik persinggahan
aja. Rate standar penginapan di Lombok setauku jauh lebih murah drpd
standar Bali .
Jadi lumayan enaklah, waktu itu aku hemat bgt bepergian di Lombok.
Pantainya bagusan di Lombok pula.

Selamat jalan2 ke Lombok...

Dear Rina,

Hmmm...libura yg menyenangkan :o)

Lebih enak jika melihat pemandangan di sisi utara pulau lombok. Semakin
ke timur pantainya semakin bagus. Pantai senggigi agak kotor dan
pasirnya hitam. Makin ke timur semakin putih pasirnya dan airnya semakin
jernih (hmmmmm....rasanya pengen berenang....).

Kalo ke pantai selatan (Pantai Kute), sebaiknya anda tidak turun dari
mobil atau masuk ke restoran saja langsung krn disana byk anak2 kecil yg
menjajakan segala bentuk souvenir, sampe pasir pun di jual ke turis dlm
kemasan botol aqua, dan selalu nempeeeeelllllllllll. Kita jadi tidak
enak dan uncomfortable.

Di pegunungannya, daerah pertengahan pulau, anda bisa melihat hutan
alami dan kera2 yg lepas dipinggir jalan. Ada juga miniatur danau
rinjani (?).

Soal makanan, anda bisa coba ayam plecing. Hati2, pedas sambalnya...he
he he

Selamat berjalan2.....

Ari

www.keluargarustamaji.blog.com

SUMATERA UTARA !!!

The content of this message may contain the private
views and opinions of the sender and does not
constitute a formal view and/or opinion of the
company unless specifically stated.

The contents of this email and any attachments
may contain confidential and/or proprietary
information, and is intended only for the
person/entity to whom it was originally addressed.
Any dissemination, distribution or copying of this
communication is strictly prohibited.

If you have received this email in error please
notify the sender immediately by return e-mail
and delete this message and any attachments from
your system.

Please refer to http://www.newmont.com/en/disclaimer
for other language versions of this disclaimer.