From: "fatmawati dewi" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Wednesday, May 25, 2005 2:39 PM
Subject: Re: [balita-anda] Anak terlambat bicara

> Mbak risma, saya ada di tebet, untuk informasi saja, anak saya sekarang
sudah saya periksakan ke RSCM, dan udah menjalani tes pendengaran (OAE/BERA)
dan hasilnya tidak ada masalah dengan pendengarannya. Dosen yang mengajar di
kampus, juga ada yang anaknya pernaha mengalami hal serupa seperti saya,
dosen itu membawa anaknya ke Rs. Harapan Kita juga. Apakah kualitas di RSCM
itu udah baik , saya juga belum tahu?? saya periksanya di THT Komunitas
RSCM, disitu ada Dr. RoniSuwento untuk THT nya, Dr. Rosma Dewi, Dr. Mira,
dll. Di THT komunitas dia bekerja sama dengan psikolog dan ahli syaraf,
sampai nanti harus terapi apa, seharusnya anak saya ini.mungkin mbak risma
bisa cerita sedikit kalo di klinik tumbuh kembang yang di harapan kita,
prosedurnya seperti apa, dan dokter yang menangani siapa saja.

> Terima kasih atas bantuannya
>
> risma <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Dear Mba Fatma,
>
> Mba posisinya dimana? Saranku mba coba konsultasi ke klinik tumbuh kembang
bayi & balita atau klinik Alamanda di RS Harapan Kita, telp 5668284. Sorry
ngga bisa bantu.

> regards
> -risma-
>
> fatmawati dewi wrote:
> Dear moms n dads
>
> Saya ibu dari dua anak saya Alya (4 th) dan Afiq (23 bln). Sampai saat ini
anak saya yang nomor 2 (Afiq) belum juga bisa berbicara, Apakah ada yang
mengalami seperti saya. Saa sangat membutuhkan informasi dari teman-teman
mengenai kasus anak saya ini. keterlambatan yang lain selain berbicara
adalah:
> 1. dia belum bisa dimintai tolong / disuruh, misalnya dik, tolong dong
buang di tempat sampah, dia belum tahu perintah seperti itu.
> 2. Dia tidak bisa meminta, kalo meminta sesuatu biasanya dia pake bahasa
tubuh, misalnya kalo dia mau kue yang ada di toples dia akan sosorin toples
itu ke kita.
> [...]
> 4. Anak saya ini kalo dipanggil tidak menoleh, sementara pendengarannya
tidak ada masalah.
> 5. Kontak mata ada
> 6.tingkah laku yang sifatnya stereotiptik /berulang-ulang tidak ada
> 7.kalo diajak naik mobil dia suka banget ngeliat mobil dan papan nama
ataunpapan iklan di jalan.
> 8.selain bisa ngomong dada dia bisa melakukan tos dengan kita, tepu
tangan, dan ciluk ba.
> 9.dia juga bisa bermaik dengan kakaknya
> 10. Anak saya ini konsentrasinya kurang.
>
> moms n dads, saya butuh masukan untuk mengetahui kenapa anak saya sampai
saat ini belum juga berbicara. kira-kira ada kelainan apa terhadap anak saya
ini.Mungkin ada teman-teman yang bisa membantu saya.Terima kasih sebelumnya.