dear parents,

aduh, terimakasih banyak ya untuk tips dan masukannya!
terutama untuk:
"melisa" <[EMAIL PROTECTED]>
[EMAIL PROTECTED]
"Rukmi Candrasari" <[EMAIL PROTECTED]>
"Leili Firdalina" <[EMAIL PROTECTED]>
dan untuk
"Ida Bagus Roni" <[EMAIL PROTECTED]>  (mamanya deva),
ini ada solusi untuk masalah yang sama kayak anakku
danis.

Mbak Angky,

Berita buruknya, biasanya dermatitis ini akan
berlangsung sampai
dewasa.
Berita baiknya, penangannya gampang saja, ganti
shamponya dg yg mild
(sprt
Sebamed) sehari sekali saja. Jika keluar rumah
biasakan pakai topi
supaya
tidak kena matahari langsung. Jangan digosok karena
merahnya bakal
tambah
lebar.

Enggak usah pakai obat atau salep apapun, karena
kondisi ini akan terus
berulang, tidak ada obat yg mampu mengatasinya secara
total. Obat2an
atau
salep itu hanya meringankan kondisinya sementara.
Karena Danis masih
kecil,
usahakan hindari salep dan obat2an dg steroid yg tidak
perlu. Cukup
dijaga
agar kulit kepalanya tidak kering.

Kalau merah2nya melebar dan membengkak, baru dikasih
salep
Hydrocortisone
0.5% untuk mengurangi bengkaknya (Hydrocortisone
paling ringan diantara
semua salep corticosteroid). Hati2 jangan terlalu lama
pemakaiannya.

Saya sendiri dari bayi sampai sekarang menderita
Seborrheic Dermatitis.
Mengganggu banget dan sedihnya menurun ke anak saya
berupa atopic
dermatitis
(eczema). Treatment diatas enggak bisa instan
kelihatan hasilnya ya
Mbak.
Tapi buat anak kecil yg penting kita perhatikan safety
nya dulu. Selama
pertumbuhan anak baik dan anak sehat2 aja, sedikit
ketombean atau
merah2
dikulit saya rasa bukan masalah besar.

Mengenai tumbuh gigi, anak saya pertama tumbuh gigi
usia 10 bulan,
sekarang
19 bulan giginya juga masih 7 ;-)

Soal duduk sendiri, keponakan saya (laki-laki) juga
usia segitu belum
bisa
merangkak dan duduk sendiri. Berjalannya juga lambat,
usia 15 bulan
baru
bisa jalan 1-2 langkah. Ototnya juga lembek, karena
anaknya enggak
terlalu
suka bergerak, lebih hobby menyanyi sambil
tidur-tiduran ;-). Tapi
setelah
usia 15 bulan itu, perkembangan motoriknya
normal-normal saja. Enggak
terlalu lincah tapi cerewetnya luar biasa. Jadi jangan
terlalu
khawatir,
terus di stimulasi aja. Dirangsang supaya mau duduk
sendiri.

Salam,
Melisa

mba angky....

Waktu dulu, zaza (3bln) juga pernah begitu, terus aku
kasih salem
cloramfecort cream, di oles tipis2 aja dan
alhamdulillah sembuh. Mungkin mba
bisa coba itu.

mama zaza