From: "Enggar Retnoningsih" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Thursday, May 26, 2005 4:38 PM
Subject: Re: [balita-anda] badan setelah melahirkan

SAMA...!
saya jg punya pengalaman yg sama after masa melahirkan: badan super
capek (lungkrah bhs jawabnya) dan rambut rontok.

untuk badan capek, usahakan selalu mandi pake air anget....
sebenernya pencegahan "badan capek" itu dilakukan setelah melahirkan,
jadi pada saat kita kembali dari RS, dan kembali ke rumah, untuk
mengerjakan segala sesuatunya termasuk sikap tubuh harus sangat
dijaga/diatur (kebetulan sy orang jawa, yg masih patuh dgn aturan2
orang jawa), misal:
1. kaki nggak boleh diteku...harus selalu luruh, kalau duduk kaki
harus selonjor (lurus)
2. Kaki jangan digantung (nanti bisa bengkak)
3. Kalau menyusui posisi tubuh harus tegak, jangan membungkuk
(caranya, si bayi harus diganjel bantal diatas pangkuan)
4. Jangan nyusuin sambil tidur (miring)
5. Mandi harus sebelum matahari terbit/sblm matahari terbenam, dan
harus pakai air hangat.
6. dll
7. dll...
 kalau mau nurutin satu2 pakem orang jawa, alhasil badan nggak terlalu
terasa lungkrah kok....

Trus kalau masalah rambut rontok, setelah melahirkan asupan air kacang
hijau dan Vit. E-nya jgn dihentikan, itu kata doketr langganan aku
sih...
dan tiap kali habis keramas, jangan lupa pake hair tonic....

segitu dulu dr saya...smoga bermanfaat

regards

SUMATERA UTARA !!!

Enggar Retnoningsih