Dear mbak Dini,

Mbak, bisa tolong lebih rinci lagi ngak? Pada saat kapan sih kita harus
membersihkan telinga balita kita ke Dokter? Sekotor apa yang dianggap harus
dibersihkan oleh dokter.

Gini mbak, soalnya, minggu lalu BS saya bilang ada kotoran besar yang hampir
menutupi telinga Mike, dan letaknya sangat jauh di belakang. Dia takut untuk
ambilnya, karena takut ketusuk. Trus, saya bilang, tunggu aja bbrp hari lagi,
soalnya dari bacaan medis yang aku baca, untuk bayi lebih baik tidak dilakukan
korek kuping spt dewasa, karena bayi punya kemampuan alami untuk mengeluarkan
kotoran kuping sendiri. Kalo kita korek kuping terlalu awal (umur bayi masih
muda), bisa-bisa merusak lapisan pelindung di dalam kuping. Itu yang saya baca,
mbak.

Skrg ini Mike Cuma saya bersihkan di bagian telinga luar saja (daun telinganya)
dan sedikit di sekitar lubang telinga, jadi ngak pernah sampai masuk, apalagi
jauh ke belakang.

Sudah lewat bbrp hari dari kemarin itu, saya cek lagi, sudah tidak ada kotoran
besar tadi, apakah bisa berarti ini kotoran tersebut malah jatuh makin ke
belakang dan potential untuk menutupi gendang telinga? Atau memang karena
kemampuan alami bayi untuk mengeluarkan kotoran tersbt? Soalnya kemarin ini
saya liat diujung lubang telinga Mike emang jadi kotor banget, apa kotoran
besarnya hancur sendiri dan keluar sendiri, saya jgua ngak tahu.

Trus, kalo ke Dokter, apa bisa ke DSA aja daripada Dr. THT?

Makasih sebelumnya ya.

Regards,
Carolline Silka Wibowo
Mike's Mom