Dear Yin Fong,

Fazil juga alergi berat, malah sama minyak kayu putih & minyak telon aja dia
juga alergi.
Aku pernah nanya sama dr kulit anak, & menurut dokter ga ada situs or buku ttg
makanan alergi. Karena untuk tiap bayi, efek tinggi rendah alergi bisa ngga
sama, jadi ngga ada yang bisa jadi patokan tinggi rendahnya. Yang bisa jadi
patokan paling secara umum, biasanya makanan a menyebabkan alergi. Gitu kata
dokternya...
Yang umum, jeruk, tomat, & pisang bisa menimbulkan alergi. Tapi ternyata Fazil
ngga alergi tuh. Buah yang paling aman pepaya.
Trus... sea food, putih telur. Dokter nyaranin ngasih ini setelah Fazil 1 th.
Sekarang Fazil baru 8 bulan, tapi 3 minggu lalu udah aku coba kasih ikan salmon
& seminggu lalu aku kasih kuning telur. Ternyata setelah 3 hari makan ikan ada
merah2 di perutnya & punggungnya kaya biang keringat. Jadi aku stop & aku kasih
bedak dingin caladin. Alhamdulillah sembuh. Dikasih kuning telur ternyata
bisul. Ayam realtif aman tapi jangan pake kulitnya.
Kemudian makan2 lain, ya trial & error aja. Setiap kali ngasih makanan baru,
kasihnya 1 macem aja, jangan 2 makanan baru. Supaya keliatan jelas reaksinya
gimana.
Selain makanan, aku juga disuruh merhatiin  yang non-food. Kaya pengharum
pakaian semacam molto (sorry) karena banyak bayi yang alergi. Or krim2 kosmetik
bayi yang dipake krm bisa aja alergi sama komposisinya.
Yah... semuanya emang jadi trial & error gitu deh.
Smoga bisa bantu..

regartds
-risma-

Yin Fong <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Dear Mom and Dad

Ada yang tau ga, kalau mau nyari makanan yang tingkat alerginya rendah apa aja
tuh liatnya dimana...maksudku ada webnya ga ya...ato kalo ada yang tau..boleh
juga.
Soalnya kata DSA ku anakku ini alergi nya berat. Sekarang baru mau mulai
dikasih bubur saring...jadi masih takut2 untuk kasih campuran di buburnya.

Thanks berat.
Mama Michael