Mbak Berliana.....
saya nggak tau pasti kalo menurut anjuran dokter kandungan....
tapi menurut pengalaman pribadi saya....
selama hamil kemaren saya mobile banget....maklum lah harus kerja ke sana
kemari yg kebanyakan pake pesawat....
usia 8,5 bulan saya masih pergi Pontianak-Ygy PP....
biasalaaaah setiap pergi pas mau check in langganan bikin surat pernyataan
bermaterai.....

Cuma selama kerja kesana kemari itu aku gak khawatir naik pesawat.....
pas mau cuti hamil 3 bulan ke jkt (Ptk-Jkt)....saya bingung juga
tuh...soalnya udah 9 bln....takut nggak diijinin crew pesawatnya.....
tapi saya nekad udah nyiapin materai segala.....
eh ternyata....pas check in malah gak ditanya sedikitpun dan nggak disuruh
bikin surat pernyataan......
aneh banget kan ?.....

Jadi memang tergantung maskapai penerbangannya.....
biasanya seh ada yg ketat dan ada yg enggak.....
gitu lho Mbak.....
semoga membantu