Ayah Alya,

Biasanya merangkak umur 8-10 bulanan. Klo berjalan biasanya 12 bulanan (tapi biasanya jalan kenceng baru 14-16bulanan) Tapi biasanya antara usia 9-11 bulanan, udah bisa rambatan (berdiri dengan pegangan meja / kursi dan berjalan selangkah demi selangkah) Tapi kembali lagi, tergantung si anak. Klo dilatih untuk berani (walau sering jatuh, mungkin) dia bakal cepet merangkak/jalan. Coba dilatih / distimulir bisa dengan mainan (boneka/mobil2an/balon) yang digerakkan supaya si Alya ngikuti jalannya mainan dengan merangkak.

Btw, nggak usah risau Pak. maaf klo nggak bantu banyak.

On Thu, 2 Jun 2005 10:03:16 +0700