Pernah membayangkan tidak orang yg tinggal di negara 4 musim dimana
sinar matahari tidak selalu ada ? Atau apartemen yg disewa full karpet,
kebayang kan kalau ngompol ? Atau sang ibu tidak punya baby sitter
sehingga semua keperluan bayi harus ditangani sendiri ? Atau di rumah
tidak ada mesin cuci ?

Berdasarkan pengalamanku (yg baru punya anak 1) efek buruk memakai
diapers itu hanya 1, kanker alias kantong kering akrena mahal :-)
Keuntungan lain bisa aku dapat, misalnya, malam bisa istirahat dengan
tenang tanpa tangisan popok basah, nadya bayi hanya nangis kalau mau
ASI. Waktu Nadya umur 1 bulan aku masih eman-eman (sayang banget) kalau
pakai diapers yg mahal, dihitung-hitung 1-nya 3500-an. Apalagi bayi
merah kan masih sering pipis sekalian pup, tapi begitu nadya 2 bulan
hampir tiap malam pakai diapers. Trus karena bundanya keenakan gak perlu
sering nggantiin popok, pernah lho selama bbrp bulan nadya pakai diapers
24 jam :-)

Apakah nadya pernah kena ruam popok ? Jelas pernah dong, namanya juga
bayi tapi jarang sekali sampai salep untuk ruam popok relatif utuh,
tetapi bukan karena pakai diapers, karena pernah kena ruam popok saat
pakai popok kain.
Apakah nadya jalan ngangkang ? Alhamdulillah tidak, meski 10,5 bulan
nadya sudah bisa jalan, nadya berjalan relatif gak ngangkang lho.
Kemudian saat nadya umur 1,5 tahun (bukan 1,5 bulan ya) baru aku
terapkan toilet training. Agak susah, soalnya nadya aku pegang sendiri,
di rumah juga gak ada pembantu yg tinggal (pembantu cuma datang pagi jam
6 dan jam 10 sudah pulang) jadi gak konsisten, tapi syukurlah kalau
siang nadya sudah bisa bilang pipis, tapi kalau malam tetep aku kasih
diaper. Sedangkan nadya baru bisa bilang pup saat umur 2 tahun, itu pun
masih on/off, padahal sejak umur 6 bulan sudah aku belikan pispot (tp
keinginan memberi tiolet training sejak dini pupus setelah banyak
baca-baca).
Akhirnya, pemakaian diapers benar-benar lepas saat nadya menjelang 3
tahun, setelah dia janji akan bangun malam untuk pipis dan bilang pup
kalau perutnya mules (ini juga karena aku beli buku tentang toile
training, ceritanya ttg anak beruang yg mau beli baju berenang, ibu
beruang bilang sang anak bisa beli baju berenang kalau sudah bisa bilang
pipis dan pup supaya nanti pipis dan pup-nya tidak di celana tapi di
pispot).

Maaf ya untuk yg tidak berkenan.

Rina rinso

www.keluargarustamaji.blog.com