Assalamu'alaykum.....

maaf untuk bu Renny, tolong saya bisa diemail
pertanyaan ibu sekali lagi, karena saya belum terima
email ibu di email account saya.

Seperti semua jenis sekolah, sekolah alam adalah salah
satu alternatif untuk pendidikan, dan masing2 ada
kelebihannya.

Untuk sekolah alam kami menekankan: terbuka untuk
semua latar belakang agama, dan potensi anak (gifted
(adhd,add ataupun autis) and normal children).

Acuan pendidikan dikembalikan kepada tujuan dasar
penciptaan manusia di bumi: Sebagai Khalifatullah fil
ardh (pemimpin di muka bumi).  Dengan memberikan
teladan (qudwah) kepad siswa, dimana fasilitator
(guru) harus paham benar prasyarat-prasyarat berikut
yang menjadi satu kesatuan dalam pembinaan siswa,
yaitu:
•       Memahami secara utuh dan benar cara tunduk kepada
Sang Pencipta: Allah Swt.
•       Memahami cara memimpin makhluk lain dan alam semesta
sesuai dengan hukum dan syariat Allah Swt.
•       Memahamai cara tunduk makhluk lain dan alam semesta
kepada Allah Swt (sunatullah).

dengan methoda belajar

Active and Group Learning

Siswa  dapat mengelola aktivitas belajar hariannya
secara mandiri.
Guru hanya menjadi fasilitator dan sumber acuan
(qudwah).
Anak berkembang dengan batas kemampuan maksimumnya,
dengan grouping

Alam Sekitar
Alam menjadi satu kesatuan.
Bukan sebagi obyek pembelajaran tetapi menjadi
perangkat utama.
Siswa akan berinteraksi langsung dengan alam sekitar,
pembatas diantaranya minimal.

Spider Web
Pembelajaran akan mengacu kepada tema-tema yang
terpadu.
Integrasi dan kesatuan dari berbagai macam cabang mata
pelajaran.
Meluaskan cara pandan siswa terhadap alam sekitar.

Out bond
Bagian dari sistem pengajaran dan terintegrasi secara
utuh dalam proses belajar.
Wahana utama bagi proses pengembangan kepribadian,
pengenalan diri,
Pembangunan kerjasama dan kepimpinan.

Sarana Belajar
Arsitektur dan interior kelas dirancang dengan mengacu
pada standard internasional
Ruang yang luas dengan konsep saung:
- wilayah belajar (termasuk ruang saung dan alam ruang
belajar) dengan luas minimum 1 orang : 15 m2

- 1 kelas saung (8x8 m2) untuk maksimum 24 orang
dengan 2 fasilitator: 1 guru akan menjadi shadow
teacher.

- Perpustakaan sebagai sarana utama kegiatan belajar
dan mengajar.

terima kasih dan wassalam

Kuntjoro Pinardi