From:   Fitri, Laila
Sent:   Monday, June 06, 2005 5:25 PM
Subject:        Lagi-lagi penipuan lewat atm.... (tolong disebarkan)

Dear friends......

Kejadian ini baru aja terjadi 4 jam yang lalu...

Aku yakin kalian pasti sudah bosan membaca imel2 serupa tentang berbagai
penipuan lewat atm, ..... sama seperti diriku, yang begitu kubaca langsung
kudelete... sambil berpikir ... ini gak bakal terjadi sama diriku... aku
orang yang waspada...

Dan memang begitu, aku selalu waspada kalau mengambil uang tunai di atm, atm
sepi, tempat gelap pasti kuhindari, kalo ada orang mencurigakan pasti aku
batalkan transaksi, atau kalau atm nya berbentuk satu ruangan dg satu mesin
, pasti aku yakinkan diriku seorang diri tidak ada orang lain yang tidak
kukenal berada dalam satu ruang....

Tapi tadi siang.... sehabis istirahat makan siang, dengan niat mau mengambil
tunai untuk bayar tiket pulang ke jakarta n sekalian mengisi pulsa, ......

Aku menemukan bahwa atm tersebut macet (pantesan orang sebelumku seperti
melongok2 tempat kartunya..), n sambil berusaha menarik kembali kartuku
(daripada tertelan mesin n urusan ke bank lebih rumit) tiba2 ada orang masuk
ke ruangan atm....

Jujur aja aku agak panik kok tiba2 ada orang nyelonong masuk, orang tsb
dengan sopan menanyakan ada masalah apa...

Kubilang saja, kartunya macet.... eh orang tsb dengan cuek mendorong kartuku
supaya masuk mesin.... walaupun sudah kucegah....

benar saja...kartuku nyangkut......

bete bgt.... dengan emosi aku ngegerundel ke bapak tsb.... namun dia sambil
memamerkan tampang penyesalan menawarkan untuk menelpon bank mandiri, untuk
memblokir kartuku....

Waktu itu, firasatku langsung jalan....
Tapi serba salah....kalau kartuku kutinggal atm tsb , takutnya orang tsb
menarik kartuku dan menggunakannya sebagai kartu debet (untuk berbelanja)
dan memang niatku untuk menelpon bank dari kantorku yang letaknya hanya 10 m
dari atm....

Akhirnya kuterima tawaran bapak tsb untuk berbicara dg "Customer service"
bank mandiri......

Anehnya, CS tersebut hanya menanyakan nama dan PIN.....

Bodohnya lagi aku jawab semua itu..... dan begitu nomer PIN kusebutkan...
aku mulai panik, akal sehatku mulai berjalan......
Kucoba menarik kartuku, namun tidak berhasil, kucoba tekan supaya sekalian
tertelan juga tidak berhasil....

Akhirnya aku langsung balik ke kantor dan mencoba menghubungi bank mandiri
untuk memblokir kartuku, sambil minta tolong sekuriti untuk mengawasi atm
tersebut....

Ternyata terlambat.....
Customer service bank mandiri menyebutkan sudah diblokir... namun tiba2 HP
ku berbunyi, ada sms masuk menginformasikan telah terjadi penarikan uang
dari rekeningku.....

Uang dari rekeningku telah ditarik oleh orang itu di sebuah atm yang
jaraknya tidak jauh dari tempat kejadian (kebetulan di mukakuning batam,
memang banyak tersebar atm mandiri)

So buat teman2ku.......
Waspadalah.....

FYI : menurut pihak Mandiri cab. Batamindo, kejadian ini sering terjadi, dan
ciri2 orang tersebut : berkulit coklat (bukan coklat tua loh :), berambut
agak ikal (biasanya memakai topi atau helm) dan mempunyai jambang rambut....

Regards,

Laila Fitri Handayani
EHS Engineer
PerkinElmer Optoelectronic Batam