Bunda Afiq, ..

We have the same problem, ..nih.
Anak saya juga 23bln belum banyak bicara, sejak dia 1thn saya sdh mulai
stress soal ini. Sejak itu saya masukkan di Gymboree, 1month, sempat
berhenti karena saya wara-wiri konsul ke beberapa ahli terapist.
Usia 1,5thn saya intensif-kan di Gymboree, sambil jg konsul ahli terapist.
Terakhir saya ke (mostly reference) klinik tumbuh kembang rs.pondok indah.
Alhamdulillah, setiap kali diobservasi, mostly memuaskan, tidak ada hal2 yg
mencurigai.
Memang mereka menyarankan ikut terapi, wajarlah mereka 'menjual produk'
Tapi kan keputusan dan insting itu ada di ibu, kita sendiri.
Akhirnya saya tetap meneruskan Gymboree play-art,  toh positif juga buat
anak saya utk masalah interaksi dan sosialisasi. Dan memutuskan tidak ikut
terapi, karena dokter rs.pondok indah berpendapat, hal ini biasa terjadi
buat batita under 3year toh jika kita pandai2 memberikan simultan sianak jg
terangsang utk bicara even 'bahasa planet' , jika mmg hal ini terjadi 3thn
lebih maka si anak harus ikut terapi.
Saya jg khawatir jika anak kita stress dgn terapi sana-sini.
Selain itu saya juga banyak memberikan mainan edukatif (wood toys) dan buku
bacaan bergambar full colour.ini membantu masalah konsentrasi serta
pemahaman bahasa.
Klo jangka konsentrasi itu pendek, wajarlah bu .. anak kita kan sdg
ber-explorasi.
Untuk masuk ke PG, saya menerima banyak pengalaman klo di PG juga banyak
sekali rangsangan utk komunikasi verbalnya. Saat ini saya juga sdh daftarkan
di PG.
Hal-hal penting berikut yg membuat saya lebih santai adalah ( source
www.parentcenter.com ) dimana hal-hal yang membuat kita thinking positif &
optimis akan tumbuh kembang anak kita, khususnya kemampuan bicara, yaitu :
1. Dia bisa menunjuk benda yang dia inginkan atau yang kita minta.
2. Dia mengerti hal-hal yang kita komunikasikan dengannya.
3. Jika dia sdg bermain, dia mengeluarkan 'gerundelan' ( grunt ) walaupun
itu bahasa planet.
Oia, satu lagi saya tertibkan utk jam nonton tv. Utk siang hari totally saya
titip dgn BS agar tdk memasang tv kecuali anak kita sdg tidur. Mmg kita gak
bisa 100% percaya dgn BS kita, tp selama kita kontrol terus dan beri
pengertian kpd BS kita, mudah2an dia mengerti kok klo dia konsern sama anak
kita.
Utk malam kita bolehkan menonton film kegemarannya spt, Pooh atau Barney.
Tetapi sambil kita dampingin agar dia bisa bereaksi dgn film tsb tidak diam
saja.
Mungkin ini masalah waktu, tp kita sbg orang tuanya harus lebih peran aktif
dan think positif utk anak kita.
Mungkin saya belum menunjukkan hasil, tapi saya sdg berusaha dan yakin bahwa
hanya kitalah sbg orangtua yg bisa memberikan yg terbaik dan cocok buat
sikecil.

Maaf jika kurang berkenan, mudah2an bermanfaat.

Bunda Ziva