Pak Hidayat,

Rasanya yang dialami putra Bapak sama persis dengan yang dialami Revanza (1
th 7 bl).
Mainannya nggak boleh dipinjamkan ke adiknya, Valenza (4,5 bulan).
Mainan yang didapat dari kado waktu lahiran adiknya pun dianggap miliknya.
Sampai bingung saya harus gimana lagi menjelaskan bahwa setiap mainan harus
bersama-sama dengan adiknya. Jika diberitahu jawabannya selalu "iya", tapi
begitu diberikan ke adiknya pasti langsung diambil lagi.

Nggak cuma itu, kemarin sesampai kami di rumah, Revanza sedang main sama
Opa-nya yang kebetulan datang berkunjung. Dia memamerkan 2 bh mainan
mobil2an yang super besar yang baru saja dibelikan Opanya. Jangankan anak
kecil, saya dan papanya saja takjub melihatnya. Begitu kita pegang.....
aduh... langsung dia lari sambil berteriak. Kita harus pelan-pelan dan
hati-hati sekali supaya tidak disangka ingin merebut mainannya. "Bagus
ya..... mainan Uda. Siapa yang beliin, sayang.... Opa ya?" sambil pelan2
pegang mainannya.

Tapi saya yakin, kalau saya & suami tetap konsisten dan sabar menerangkan
bahwa setiap mainan harus berbagi dengan adiknya, semakin besar ia akan
semakin mengerti. Asal didukung dengan lingkungan sekitar seperti BS, PRT,
Oma-Opa, Oom-Tante, dll.

Cheers,
- Vita -