Mbak Emmy,

Kebetulan nama anaknya sama nih sama diriku.........Untuk bayi tidur
tengkurap, emang ada masanya kok mbak???, dulu aku juga sempat kuatir kalo
jadi kebiasaan sampe gede, krn Bram juga umur2 segitu seneng banget tidur
tengkurap & tidurnya malah pules dan lama kalo tengkurap....ada yang bilang
malah bagus untuk melatih paru2nya supaya lebih kuat (cmiiw).

Masalah sesak nafas, ga kok mbak?? bayikan juga punya naluri untuk mencari
posisi nyaman dalam tidurnya, kalo capek noleh kekiri ntar dia balik
pipinya kearah kanan..........
Lama2 juga pola gaya tidur bayi pasti berubah, ini krn pengalaman dgn
bayiku sendiri yang skrg mo 9 bln...Ntar kalo dah gedean dikit sekitar 5-6
bln dah mulai tidur miring meluk gulingnya........sampe sekarang bram kalo
bobok miring meluk guling, kalo ngga telentang sambil kedua kakinya ditaruh
didua guling disisin badannya...........
Emang tiap step pertumbuhan bayi ada masanya......jadi ga perlu
kuatir.......kayak kemarin ada yg nanya masalah isap jempol terus...itupun
nanti kalo dah lbh dari 4 bln dah ga lagi...krn bayi dah punya kepinteran
lagi, misal: belajar telentang dari tengkurap, ongkong2, duduk, meraih
benda2 didktnya dll..........

Jadi ga usah risau ya bu, takut kenapa-kenapa??? Karena pertumbuhan seorang
manusia kecil itu emang "Unik" saya juga baru tahu krn baru punya bayi
juga...............Turuti kemauan bayi aja, jangan dipaksa sesuai kemauan
kita ortunya.........krn yang tau posisi nyaman or ga nyaman kan bayi
sendiri, kecuali posisi itu membahayakan pernafasan bayi / ga bisa nafas
krn ketutup bantal/guling/kasur etc.

Semoga sharing saya membantu Ibu,

Salam,
Ibunya Abraham

                    "Emmy

                    Wahyuningtyas        To:     <balita-anda@balita-anda.com>

                    "                    cc:

                    <[EMAIL PROTECTED]        Subject:     [balita-anda] tidur
tengkurap
                    c.co.id>

                    10/06/2005

                    12:58

                    Please

                    respond to

                    balita-anda

met siang moms..n bapak2 sekalian,

mo nanya nih..anak saya Fira (3 bln) sejak bisa tengkurap sampe skrg kalo
tidur selalu tengkurap..kalo saya balik gitu..blm 1 menit..udah tengkurap
lagi..
yg saya tanyakan...apa gaya tidur kayak gitu bs mengganggu perkembangan
organ2 dlmnya ya ? soalnya ada yg blg ke saya kalo itu gk baik buat
perkembangan organ2 dlmnya + bikin napas sesek gitu, dan harus selalu
dibalik (ditelentangkan)...

makasih banget mohon advisnya...
emmy