From: Purnamawati <[EMAIL PROTECTED]>
Date: Jun 15, 2005 6:26 AM
Subject: Re: [sehat] ATTENTION PLEASE another new member & tanya: berat
badan anak
To: [EMAIL PROTECTED]

Dear all

BB anak selalu saja menjadi isu jitu untuk "menjerat" orang tua dalam
berbagai bentuk "kepanikan" sehingga sering kehilangan nalar ...
Tanpa mengurangi rasa hormat ... ijinkan saya untuk kembali mengulang
beberapa butir penting untuk diingat orang tua

1. SEHAT
Definisi sehat menurut WHO adalah sehat fisik (pertumbuhan sesuai anak
seusianya), sehat perkembangannya, sehat emosi nya, sehat pula kemampuan
sosialnya
Jelas kan ... sehat bukan sekedar BB naik
Bukan pula ... "kalau BB tidak naik ... pasti tidak sehat
Sepakat kan kita semua SP?

2. FEEDING.
Bukan sekedar upaya memasukkan (baca: menjejali anak dengan makanan) nutrisi
kepada anak agar BB dan TB naik
Feeding adalah proses belajar (belajar menelan, mengunyah, mengenal rasa).
Feeding juga merupakan proses bertualang (merambah area baru, rasa baru,
menikmati salah satu kenyamanan dan kenikmatan hidup)
Feeding juga merupakan salah satu area dimana si anak berupaya keras
menunjukkan independensi nya ...
Apa yang ia mau ... akan ia coba ... kalau ia tidak mau ... tidak boleh
dipaksa (begitu kira2 yg ada di kepala si anak)

3. FEEDING DAN FASE PERTUMBUHAN ANAK
Usia batita: usia pernuh gejolak (turbulent period) ... anak berada dalam
fase negativistik ... kalau dilarang malah dikerjakan ... kalau disuruh
malah tidak diacuhkan
Termasuk perihal makanan
Di lain pihak ... usia batita merupakan periode dimana laju pertumbuhan
(baca: growth rate ... sangat lambat ketimbang 1 tahun pertama. Nah karena
itu ... kebutuhan kalorinya pun rendah. Kalau kebutuhan kalorinya rendah ...
dapat dimengerti bila anak nafsu makannya "aneh"
Sering menolak makan ... tetapi kadang ... tiba2 saja ... ia l;apar dan
minta makan
Nah ... ini fase normal.
Berikan atau sediakan cemilan sehat (baca file makanan, baca healthy snacks
di mayo)

4. INAPPROPRIATE FEEDING
Pola feeding yang tidak tepat akan menimbulkan keadaan patologis (baca:
keadaan "sakit" keadaan yg menyimpang dari sehat)
Kalau kekurangan ... jadi kurang gizi ... kalau kelebihan ... jadi obesitas
... (OBESITAS ... BUKAN KONDISI YANG SEHAT ... OBESITAS ADALAH SALAH SATU
BENTUK KONDISI SAKIT ... dan saya yakin para SP di milis ini sudah semakin
menyadari agar jangan mengukur sehat tidaknya anak dari kegemukannya)
Salah satu bentuk pemberian makan yg tidak appropriate adalah pemberian susu
untuk menggantikan makan pada anak berusia > 1 tahun. ... Padahal .. di atas
usia 1 tahun ... susu hanyalah satu sumber asupan kalsium ... dan sumber
kalsium tuh buanyaak banget yaa
Di lain pihak ... susu tidak akan mampu menggantikan kebutuhan nutrisi si
anak

Bentuk lain pola makan yg tidak appropriate aalah ... memberikan susu di
tempat tidur, di malam hari (kecuali bayi ya) ....Logika saja ... Tempat
tidur untuk tidur bukan untuk makan/minum (coba baca complemantaru feeding
AAP ... ada kok statement ini ... jadi ini bukan kata saya lhoo)

OK sekian dulu
semoga memperjelas perihal BB dan pola makan
Be sensible
Be wise
Be smart

wati