Dear Parents,
Maaf tidak dihari yang tepat OOT nya, soalnya urgent banget.

Ada yang tahu & paham mengenai surat Roya..?
Ceritanya begini, saya baru melunasi pinjaman yang jaminannya surat rumah saya.

Dari Bank tersebut semua surat/sertifikat rumah dikembalikan plus satu
sertifikad
dan surat roya, yang kata petugas bank tsb harus saya bawa ke notaris
agar sertifikat yang asli kembali atas nama saya.

yang ingin saya tanyakan :
1. Apakah hal tersebut memang kita yang mengurusnya, karena logika saya
harusnya bank
    yang mengembalikan sertifikat tsb kembali seperti awalnya (atas nama kita).
2. Apakah repot mengurus hal tersebut & kira2 perlu biaya berapa ?
3. Apakah hal ini memang wajar terjadi jika kita menjaminkan surat kita ke Bank
?

terimakasih banyak sebelumnya atas masukannya.

Salam,
Ahmad