Hallo mbak Romlah,

Jangan kuatir, saya rasa banyak kok orang yg sugesti seperti itu.  Saya sendiri
walaupun berjuang bertahun2, gak henti2nya punya sugesti seperti itu dan ntah
berapa banyak test pack yg saya pakai percuma dan selalu menghasilkan negatif.
Alhamdulillah, setelah 4 th belajar (dari segala sumber) dan "belajar".. juga
berdoa dong...  akhirnya berbuah juga.   Moga2 mbak nggak harus menanti
sepanjang saya untuk 'berbuah'.  Amien.

Saya juga mau share... tentang masa subur.  Maaf ya mbak Devi, teori masa subur
itu hanya berlaku buat yg siklus haidnya standar, alias 28 hari.  Padahal
banyak wanita yg siklusnya tidak 28 hari, bisa lebih pendek atau lebih panjang.
 Atau malahan tidak teratur sama sekali.  Aturan seperti itu tidak berlaku.
(Mungkin itu salah satu sebab kenapa saya tidak hamil2 karena salah paham dg
masa subur; termasuk dokter kandungan saya pun memberikan petunjuk masa subur
yg belakangan saya tau itu tidak tepat).

Prinsipnya, sperma itu rata2 berumur 2-5 hari jarang ada yg sampai 7 hari.
Sementara sel telur HANYA berumur 24 jam saja, jarang yg sampai 48 jam!!!.
Jadi kalau ingin hamil, pastikan adanya PASOKAN sperma saat telur ovulasi.
Sperma juga lebih tahan hidup disaat adanya lendir (yg menandakan mulainya masa
subur wanita), jika tidak dia lebih cepat mati.  Karena pengaruh hormon,
biasanya beberapa hari sebelum telur ovulasi wanita merasa 'berlendir', lendir
ini semakin banyak dan puncaknya saat terjadinya OVULASI.  Ovulasi ini tidak
selalu terjadi di hari ke 14 (benar terjadi untuk siklus yg standar 28 hari),
tetapi tergantung panjang pendeknya siklus wanita tersebut.  Tapi, ovulasi
PASTI TERJADI 14 hari sebelum siklus haid berikutnya.  Setelah ovulasi, terjadi
masa kering yg berarti tidak subur.

Salah satu pertanda ovulasi juga dengan pengkuran body basal temperature, yaitu
suhu badan disaat bangun tidur pagi.  Biasanya setelah ovulasi, suhu badan
wanita turun sedikit dan kemudian naik beberapa koma derajat.  Pengukuran body
basal ini juga bisa mengetahui apakan wanita itu hamil apa tidak tanpa test
pack, karena body basal wanita hamil itu lebih tinggi daripada wanita tidak
hamil karena pengaruh hormon (tp baru bisa ketauan setelah waktu haid
berikutnya datang).  Mungkin itu salah satu alasan kenapa kalo wanita hamil
kita merasa hangat.

Nah kalo begitu, pastikan dulu kapan wanita subur, dan jangan lupa PASOKAN
sperma harus terus dijaga mendekati masa subur.   Oiya untuk berkualitas bagus,
sperma juga harus dijaga 'umurnya'.  Jangan terlalu muda dan jangan terlalu tua
juga.  Secara umum, yg paling bagus itu sperma yg berumur 36-48 jam.  Selamat
mencoba!!!..

Rury -- dari berbagai macam sumber.

Romlah <[EMAIL PROTECTED]> wrote: terimakasih ya mba-mba , atas ilmu dan
pengalamannya.....
sangat membantu...:)
tapi gejalanya membingungkan sich, antara magh , masuk angin atau memang
tanda hamil.....
hehehehe....
habis kalo malam pulang kerja suka mual dan pusing, terus pagi juga mual...
sering lemez, buang air agak susah. punggung dan pinggang suka pegel2.......
perut rasanya kembung terus,,,,,,,, makan kurang nafsu,,,,,, pengennya
yang pedes2 dan asem2...

tapi klo ditilik dari siklus haidh sich memang kemungkinannya kecil
sekali klo saat ini sdh menunjukan tanda kehamilan....

bener cuma sugesti aja kali yach.........:):)
bulan kemaren juga gituh........, kirain dah ngidam..... soale pengen
makan yang aneh2 gituch, eh tau2 haidh...... hehehe.....

ok dech, sekali lagi terimakasih banyak atas perhatiannya...

wassalam