Dear all,

Biar gak susah2 amat pada japrian ke aku.. ini aku
artikelnya aku posting lagi ke BA... aku dapetnya kalo
gak salah dari BA juga but udah luamaaaaaa bgt!

Ok, semoga berguna buat para moms di BA yah

Uci mamaKavin
----
PS: mbak Hevi ini aku cc-in ke BA juga, yah

Makan untuk Melawan Endometriosis

Menurut sebuah penelitian baru di Italia wanita yang
lebih banyak
makan buah-buahan dan sayuran lebih jarang mengalami
endometriosis.

Endometriosis terjadi bila jaringan yang melapisi
uterus tumbuh di
luar uterus dan mulai menutupi organ-organ lain dalam
abdomen.
Keadaan tersebut dapat mengakibatkan pendarahan,
nyeri, dan rasa
tidak nyaman. Kelainan ini merupakan salah satu
penyakit kandungan
yang paling sering terjadi.

Para peneliti memutuskan untuk mengamati peran apa
yang dimainkan
oleh pola makan dalam terjadinya kelainan tersebut.
Mereka melakukan
survey terhadap 504 orang wanita yang didiagnosa
menderita
endometriosis, untuk diperbandingkan dengan 504 wanita
yang tidak
menderita penyakit tersebut. Semua partisipan berusia
di bawah 65
tahun.

Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi buah-buahan dan
sayuran hijau
melindungi wanita dari penyakit tersebut. Dibandingkan
dengan mereka
yang memakannya dalam jumlah paling sedikit, mereka
yang memakannya
dalam jumlah paling banyak memiliki risiko 40 persen
lebih kecil
terhadap penyakit tersebut. Namun memakan daging merah
menyebabkan
efek yang berlawanan. Mereka yang memakan paling
banyak daging merah
dan ham mengalami peningkatan risiko 100 persen
dibandingkan yang
makan paling sedikit.

Wanita dapat mengurangi risiko terhadap endometriosis
dengan lebih
sedikit memakan daging merah.

Penelitian yang dipimpin oleh Dr Fabio Parazzini ini
diterbitkan
dalam jurnal Human Reproduction. Ia mengatakan, "
Penelitian kami
menunjukkan bahwa ada hubungan antara pola makan dan
risiko
endometriosis dan sekarang kita membutuhkan penelitian
prospektif
yang tepat untuk mempelajari faktor-faktor tersebut."

Bila penemuan ini telah dikonfirmasikan, maka dengan
pola makan yang
tepat kasus endometriosis dapat turun sebanyak 3-4%,
yang berarti
mengurangi 800.000 wanita yang dapat terkena penyakit
ini di Eropa.

"Endometriosis mempengaruhi kualitas hidup
penderitanya dan bila ada
penyesuaian yang dapat dilakukan dalam pola makan
untuk mengurangi
risiko terhadap penyakit tersebut, sangat penting bagi
kami untuk
memperoleh bukti yang jelas tentang makanan apa yang
melindungi dan
apa yang meningkatkan risiko," katanya

Dr Janice Rymer, seorang konsultan kandungan dan
kebidanan di
London's Guy and St Thomas' hospital, mengatakan: "
Hal ini sangat
menarik. Tidak ada alasan mengapa faktor pola makan
tidak
endometriosis karena kita belum tahu dengan pasti apa
sebenarnya
penyebab endometriosis. Jadi faktor pola makan mungkin
merupakan
faktor yang penting." Ia mengatakan beberapa pasienya
yang mengalami
endometriosis mengatakan bahwa perubahan pola makan
memang
bermanfaat.

Seorang juru bicara dari British Nutrition Foundation
mengatakan
bahwa terlalu dini untuk membuat kesimpulan, namun
penemuan ini
dapat menjanjikan sesuatu.

"Endometriosis adalah penyakit yang terkait-estrogen.
Makanan
tampaknya memodifikasi beberapa penyakit
terkait-estrogen seperti
kanker endometium dan ovarium."

Ia mengatakan makanan yang mengandung zat yang dikenal
sebagai
phytoestrogen – ditemukan dalam kedelai, sayuran hijau
tua, kacang-
kacangan – mengurangi kadar estrogen dalam aliran
darah dan
tampaknya mempunyai sifat protektif terhadap penyakit
ini.

"Telah dilakukan beberapa penelitian tentang efek diet
dalam
endometriosis, namun penelitian pada hewan memang
menunjukkan bahwa
makanan-makanan tertentu dapat memberikan perlindungan
seperti asam
lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan," katanya.