Bu Tia,
dulu saya pernah mengalami kondisi seperti itu, pembantu yang mengasuh anak saya ketahuan kalo kena TBC, sedih rasanya, soalnya anak saya sudah terlanjur cocok sama dia. Saya bawa pembantu saya ke dokter spesialis paru2, dokternya sih menyarankan agar saya nyari pembantu lain aja. Tapi saya tetap bersikeras tidak memulangkan dia. Baru satu minggu ditinggal pembantu aja anak saya sudah sakit dan nggak mau makan, apalagi kalo dia keluar. Akhirnya saya nyari dokter lain untuk mengobati dia. Sementara itu, anak saya diasuh oleh pembantu saya yang lain. Yang penting setiap hari anak saya bisa melihat pengasuhnya meskipun dari jauh. Setelah dia dinyatakan sembuh (sakit selama 6 bulan), dia kembali mengasuh anak saya. Bahkan sekarang dia juga yang merawat anak kedua saya yang baru berumur 3 bulan. Syukurlah, hingga sekarang anak2 saya baik2 saja selama diasuh sama dia. Pembantu saya pun karena merasa sudah ditolong, dia juga semakin sayang dengan anak2 saya dan semakin setia dengan keluarga saya. Bahkan dia rela menunda pernikahannya hingga 2 tahun agar bisa mengasuh anak2 saya, karena dia nggak tega melihat saya kerepotan ganti2 pembantu kalo dia pulang. Begitulah bu Tia pengalaman saya, TBC memang penyakit yang berbahaya, tapi asal kita tahu bagaimana cara mengatasinya, mudah2an tidak sampai menular kepada yang lain. Semoga bisa membantu.

Salam,
iik

On Fri, 24 Jun 2005 11:10:37 +0700