Mbak Rina

Sampai saat ini, anak ke dua sy yg berusia 9 bln, masih sy berikan full ASI,
tanpa susu formula sama sekali, meskipun sy berkerja. Utk mengeluarkan ASI
sy menggunakan tangan saja. Jd kalo kekantor sy cukup 1 tas kecil yg berisi
3 botol susu ukuran 300ml yg telah disterilkan dan satu sapu tangan besar.
Di kantor ASI sy keluarkan 2 kali jam 10.30 dan 15.30 (1 btl utk berjaga2
kalo ada keperluan shg terlambat tiba di rumah). Menurut sy sich, yg dulu
pas anak pertama pake pompa, mendingan pake tangan (hand expression?) krn :

   - lebih praktis, tdk repot sterilisasi pompa dulu, cukup cuci tangan
   yg bersih dg sabun,
    - ASI yg ada bs dikeluarkan dg maksimal jd hasilnya lebih banyak drpd
   pake pompa,
   - tidak menimbulkan luka diputing,
    - tdk sesakit menggunakan pompa,
   - ASI yg dihasilkan jg lebih kental krn teraduk dengan sendirinya,
   - Bisa dilakukan kapan saja.

Caranya :
Pd saat memeras, ASI sy tampung langsung di botol susu, jd posisi mulut
botol sy letakan miring dengan punting masuk ke dalam mulut botol.
Sebelumnya payudara di massage dulu spy lebih lembut dan susu tercampur.
Jempol sy letakan di pinggir aerola sebelah atas, sedangkan jari telunjuk,
tengah, dan manis sy letakkan di tepi aerola bagian bawah. Penekanan
dilakukan dengan lembut, diseluruh tepi aerola (memutar), sambil sekali2
berhenti utk memasage payudara (dg gerakan memutar ke arah punting.
Sapu tangan sy letakan di pangkuan, krn kadang2 ASInya muncrat keluar.

Dulu pd waktu cuti melahirkan sy sempat menabung ASI di frezzer dg
menggunakan plastik khusus, merk Avent, harganya cukup mahal sich kalo ndak
salah 35rb-an per 10lbr.
Stlh sampai dirumah ASI yg diperas dikantor sy pindahkan ke botol2 susu
kecil ukuran 120ml yg telah disterilisasi. Jd ASI ndak terbuang krn 1 btl
utk sekali minum (Isi, disesuaikan dg kebutuhan By tiap kali minum).
Untuk itu, kita hrs banyak menyediakan botol susu baik yg ukuran besar
maupun kecil, paling tidak 6 bh ukuran 300ml dan 12 bh ukuran 120ml.
Dan utk memenuhi kebutuhan ASI pd saat sy bekerja dan menjaga agar produksi
ASI tetap terjaga jumlahnya :

   - di rumah sy jg memeras susu 2 kali. Pd saat weekend / hr libur
   disamping tetap menyusui, ASI tetap sy peras sesuai jadwal.
    - banyak minum air putih, produk2 Dairy, dan vitamin tambahan spt
   Obimin dll.
   - banyak makan sayuran hijau dan kacang2an
   - mengurangi minuman soda, teh dan kopi.
   - makan makanan yg bergizi yg banyak, tp tdk mengemil.

Mudah2an membantu

Salam
Dhaniek

On 6/29/05, Rina La Distia Nora <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear all,
>
> Perkenalkan nama saya Rina, anggota baru milis BA ini. Saat ini saya hamil
> 33 minggu. Rencananya mau asi eksklusif sedangkan saya akan kembali sekolah
> 5 minggu setelah melahirkan. Setelah mencermati arsip milis dan berbagai
> bacaan di internet, rencananya saya mau memerah pake tangan/hand expression.
> Saya kebanyangnya, saya bakal memerah susu lalu ditampung di gelas yang
> bermulut lebar, lalu dimasukkan ke dalam plastik2 untuk di simpan di termos
> es, lalu ketika sampai rumah plastik2 berisi asi itu saya simpan dalam
> [...]

Kirim email ke