From: anungrey
To: [EMAIL PROTECTED]
Sent: Sunday, June 26, 2005 8:22 PM
Subject: Beli Kamera Digital

Beli Kamera Digital
Sumber: ibu ibu DI

Tanya
Aku ada rencana mau beli digicam, spesifikasi umumnya 3-4 megapixel. Quality
image : yang baguslah, terutama untuk indoor. Tahu sendiri kalau gambar digicam
yang indoor suka agak2 gelap (karena pencahayaan terbatas) walaupun sudah pakai
blitz. User friendly, pastinya termasuk adanya beberapa setting seperti untuk
portrait, macro, night shoot, dll. Kalau bisa yang ada service centernya di
Jakarta biar kalau ada apa2 tidak susah. Last but not least : affordable price
lah ya [DA]

Jawab
Aku hanya bisa menyarankan Canon A70 (dengan A80 beda mega saja sama LCD).
Service ada dimana saja. Sudah 3 M. Hasil Foto bagus. Banyak juga manualnya,
bisa sambil belajar fotografi dikit2. Tinggal nanti beli lagi compact flashnya
yang lebih besar. Kalau mau dijual lagi, laku, kaya kacang goreng istilahnya.
[AY]

Kalau mau beli digicam aku sarankan ke JPC di Kemang. Selain jauh lebih murah
dari tempat lain, barangnya OK. Pelayan sampai yang punya ramah-ramah mereka
bisa kasih rekomendasi sama kita mana yang bagus dan yang tidak. Setahu aku
banyak photographer yang beli barang-barang disana. Kamu check dulu di
websitenya : www.jpckemang.com, untuk lihat harga dan spesifikasinya. Awal
tahun ini aku beli Pentax Optio disana, teman2 kantor juga pada beli disana.
Alamatnya : Kemang Raya 47C, (seberangnya Barbados lewat dikit). Dijamin puas.
[DN]

Kalau beli di JPC (Jakarta Photography Centre) Kemang harganya cuma 3,3jt.
Kalau orang JPC bilang buat digicam, Nikon, Canon, Pentax dan Minolta yang
paling banyak diminati dan memang terbukti bagus. Pokoknya kalau mau beli
camera sudah pasti lebih murah disana, tapi kalau buat asesoris mungkin hampir
sama dengan tempat lain.[DN]

Ada lagi, buat tambahan referensi, www.ek-gadgets.com . Disini juga ada produk
promonya. Tapi kalau garansi, mereka pakai garansi toko, jadi rada lama, karena
harus dikirim ke Singapore, katanya.[EH]

Sekedar info, alternatif toko kamera yang juga katanya murah. terutama untuk
yang di seputaran Sudirman nama tokonya: Bursa Kamera Profesional jl. jend.
sudirman Kav 36, 10210 telp.: 5736688 / 5736038. [EJ]

Aku juga pakai Canon A70. Memang benar kalau mau beli Digicam Canon saja.
Apalagi yang Canon seri A praktis sekali. Ada settingan manualnya (pilih
diafragma, speed, ASA), movie recording (with sound), terus kalau batterynya
habis tinggal beli di supermarket/warung. Kalau perlu 3 MP bisa ambil canon
series A70 atau A75. A70 kalau tidak salah sudah agak susah carinya. Kalau ada
budget lebih mungkin bisa ambil yang series A80 (4 MP, swivel lcd - lcdnya bisa
diputar jadi seperti handycam).

Kalau mau beli digicam Canon, kalau aku boleh sarankan pas pameran komputer
saja, biasanya Datascrip (distributor canon) buka stand disitu. Waktu itu aku
beli bedanya bisa selisih sampai 300-500rb dari harga pasaran, dapat hadiah
pula (thn lalu aku dapat jam tangan + album foto). Juli lalu temenku beli A80
dapat compact flash (memori) gratis. Jadi selain dapat yang bawaan paketnya (32
mb utk A80), dapat juga bonus CF 64MB, harga CF ini sendiri sudah ratusan ribu.
Pameran komputer biasanya 1 thn 2x, Juli kemarin (komputerindo, yang kerjasama
Indonesia Celullar show), sama tgl 6-10 okt nanti (indocomtech). Kalau mau
belajar moto2 mungkin bisa di milis [EMAIL PROTECTED] atau forum
kameradigital.com, aku sendiri belum bisa apa2 makanya baru join di milis itu
[WR]

Suamiku kemarin ini beli Kodak 5 megapixel, harganya sekitar 3jtan. Bagus
menurutku, hasilnya bagus dan user friendly juga. Cukup kuat juga, kemarin
sempat jatuh dari atas meja tapi tidak kenapa-kenapa. [ML]

Ibus, temanku kemarin baru beli di FIP merk Brica (mungkin keluaran Modern
Photo juga), harga 1,5jt, 6 mp [WT]

Kalau aku suka Nikon atau Olympus, mereka masih di atas Kodak untuk digicam.
Juli kemarin aku beli Olympus mju 410 (ceritanya mau kasih kado ke suami).
Waktu itu harganya sekitar 3,6 jt sekian. Aku bawa ke taman safari ok. 4 MP,
weatherproof metal body, 12 x total zoom (3 x optical + 4x digital ). Atau yang
seri C-460 harganya sekitar 2,8 jt'an. Spesifikasi sama dengan mju -410 cuma
beda di body (yang mju-410 body metal ) dan fasilitas rekam. Untuk mju-410 ada
speaker (kalau lihat hasil rekam sekalian ada sound tanpa ke tv dulu ). Yang
penting dilihat setelah pixel nya adalah optical zoom nya. Semakin tinggi
semakin baik dibanding digital zoom. Terutama kalau gambar mau dibesarkan. User
friendly. Kalau kita mau download tidak perlu pakai software bila windows XP,
langsung saja colok ke USB nya dia akan otomatis kerja kayak flash disk.
Langsung edit saat itu juga tanpa perlu pindah dulu ke computer, setelah bagus
baru pindah jadi tidak habiskan memory. Di Jakarta mungkin harga
 nya
 lebih murah. US]

Ikutan kasih saran ya. Untuk merek recommended Canon, Nikon, Kodak, Olympus,
dan Sony. Kebetulan digicam kantor pakai beberapa merek al; Canon (beli dari
seri pertama keluar th '98 sampai seri yang terbaru canon ixus), Kodak (ada 3
type) dan Olympus stylus 400 (aku pribadi pakai Nikon colpix 3200) dan
kebetulan semuanya sudah aku coba pakai dan bandiing2kan, hasil paling bagus
bukan hanya tergantung pada merek tapi juga dari pixel, optical zoom/dig zoom
dan yang paling penting cara kita memakainya. Kalau aku yang menggunakan semua
kamera tersebut dengan setting, jarak, kondisi, situasi dan sasaran yang sama,
hasilnya lebih kurang sama saja. Terus lebih sering kalau aku yang ambil
foto2nya hasilnya bagus2, tapi jika diambil oleh rekan lain hasilnya buram
padahal dengan kamera yang sejenis (karena tidak menguasai cara memakainya),
apalagi digicam itu ada delaynya waktu kita menjepret, kita tidak bisa langsung
menggeser kamera sampai menunggu ekian detik agar hasilnya focus dan
 tajam.
 Kalau mengenai rada gelap hasilnya untuk jepretan indoor rata2 memang begitu
untuk digicam, paling nanti tinggal diretouch pake software editing foto. Kalo
Canon, "bandel", pernah kamera tersebut beberapa kali jatuh, tapi tidak
pengaruh ke hasil jepretan tetap bagus. Kodak, pernah satu kali jatuh, langsung
trouble, agak2 ringkih. Olympus delay jepretnya tidak begitu lama dibanding
Nikon, tapi Nikon juga bandel, beberapa kali terjatuh, tidak rewel. [EA]

2005-04-01 07:12:11