Sebelumnya terima kasih responsnya Mba Listi, saya jawab dibawahnya ya

             "Alfin Agung"
             <[EMAIL PROTECTED]
             .com>                                                      To
                                       balita-anda@balita-anda.com
             07/06/2005 08:12                                           cc
             AM
                                                                   Subject
                                       Re: [balita-anda] Urgent batuk dan
             Please respond to         pilek
             [EMAIL PROTECTED]
                a-anda.com

Dear mbak,
 jangan panik dong, ntar malah ndak nyelesaiin masalah.
 Satu2, ya.
 Pertama, kalau aku baca, dah dikasih puyer 3 kali ama dokternya, ya.
Isinya
apa aja ya? Indikasi obatnya apa? Efek sampingnya gimana? Obatnya berapa
jenis? Harus diminum berapa lama?

Selama ini sih paling dipuyernya yang pasti mengandung CTM sih dan aku liat
ga banyak antibiotik tapi nanti diliat lagi deh kandungannya, soalnya
biasanya sih cukup sekali ke dokternya dan dokternya juga ga begitu suka
ngasih antibiotik yang aneh aneh dan banyak.

Qta selaku ortu sebaiknya jeli memberikan obat. Kalau tulisan dokternya
ruwet, minta tolong apoteker menulis ulang. Trus qta cari tahu, kandungan
obatnya apa, sih. Sesuai gak dengan penyakit anak kita.
 Kalau kita beli barang, kan pasti kita meneliti banget. Sama dengan ngasih

obat ke anak, harus teliti dan hati2 juga, apalagi ini berhubungan dengan
anak qta.
 Kedua, untuk batuk pileknya. Umumnya disebabkan oleh virus, dan
penangkalnya cuma daya tahan tubuh si anak, bukan antibiotik. Takutnya
dalam
puyer yang diberikan mengandung antibiotik, yang sebenarnya ndak perlu
juga.
Malah kecenderungannya anak akan sering sakit2an karena tubuhnya ndak
belajar mempertahankan diri.

Saya setuju sekali sih tapi kok tumben yah sampai menyebabkan panas gini,
soalnya sebelumnya juga flu dan pilek aja batuk sama meler ingusnya cuma ga
sampai panas badannya
.
Bisa terapi uap untuk mengeluarkan dahaknya. caranya dengan meletakkan
baskom isi air panas, ditetesi balsem,trus biarkan kamar beruap. untuk
sementara ac mati dulu yaa.
Ini juga saya lakukan sampai saya beli yang teko listrik dr plastik itu
terus saya kasih minyak kayu putih beberapa tetes. AC baru tadi malam
dipasang sebelumnya kita matikan karna berpikiran badannya sudah tidak
panas lagi.

 Ketiga, masih mengenai batuknya, sekitarnya ada yang masih batuk juga
ndak?
Kalau ada, ya virusnya bakalan muter2 terus. Sebaiknya dipisahkan dulu u/
sementara.

Nah ini dia sih sepertinya masalah awalnya, kebetulan dirumah ada tantenya
2 orang yang umur 2 tahun dan 3 tahun yang awalnya mereka yang sakit batuk
dan panas terus nularin Anak saya. Saya sudah bilang istri saya ( hehe saya
cowo lo mba ) untuk ga deket deket dulu tapi kata istriku yah namanya satu
rumah. Cuma yah maksud saya paling ngga jangan deket deket dulu sebelum
sembuh.

Keempat, kalau sakit, pasti nafsu makan berkurang. Dan vitamin untuk
penambah nafsu makan juga jadi percuma. Karena kan tenggorokan dia pasti
sakit u/ menelan. Jadinya males makan.

Jadi is it okay kalo ga ada pasupan makanan kedalam tubuhnya? saya cuma
kasihan aja cuma obat terus yang masuk sedangkan makanan dan miminya ga ada
yang masuk atau cuma sedikit.

 Disembuhkan dulu deh.
 Mohon maaf jika kurang membantu,
=listi=