Dear Mbak Hairiah,
Ngga usah bingung ya ... anak umur segitu mmg lagi aktif2nya ... krn dia
udah bisa merangkak palagi jalan itu berarti dia udah bebas kemana2 yg dia
mau ... explore seluruh ruangan ... seluruh barang yg ada dan mencoba hal2
yg baru yg menarik buat dia ... ada kalanya itu sesuatu yg berbahaya ... tp
dia blom mampu kepikir ke arah itu ...
Yang aku pelajari selama ini ... biarkan anak bebas (tp tetap terkendali)
mengekspresikan keingintauannya asalkan tetap hrs selalu ada pendampingan
baik itu bs/prt/ortu, jangan sedikit2 dilarang krn itu akan mematikan
kreativitas
Dulu ... ( Gabby 5 th, Agustus ntar) barang2 dapurku juga banyak yg ancur
... ada yg di dudukin, ada yg diinjek ada yg dibuat drum2an, beras juga
sering dibuat mainan u takar2an, naik ke sandaran kursi trus minta
dipegangi tangannya krn dia mau jln, naik ke teralis jendela, naik2 ke
pagar rumah, lompat2 diatas kasur, naik-turun tangga dll dan klo dilarang
pasti marah dech .... tp klo aku liat apa yg dilakukan udah keterlaluan
pasti aku angkat biarpun dia marah or nangis dan segera dialihkan
kepermainan yg lain ...
Belakangan aku baru tahu klo sebenernya itu semua juga melatih kemampuan
motorik kasar dan halusnya, gpp sedikit berantakan kayak kapal pecah ...
ntar juga bisa diberesin lagi ...

GBU,
Devi, mama Gabby

DISCLAIMER :

The information contained in this communication (including any attachments) is
priveleged and confidential, and may be legally exempt from disclosure under
applicable law. It is intended only for the specific purpose of being used by
the individual or entity to whom it is addressed. If you are not the addressee
indicated in this message (or are responsible for delivery of the message to
such person), you must not disclose, disseminate, distribute, deliver, copy,
circulate, rely on or use any of the information contained in this transmission.

We apologize if you have received this communication in error; kindly inform
the sender accordingly. Please also ensure that this original message and any
record of it is permanently deleted from your computer system. We do not give
or endorse any opinions, conclusions and other information in this message that
do not relate to our official business.