Iya, Ummi Dilla ga perlu khawatir deh,
soale khan pertumbuhan anak emang beda2, ga ada yg sama,
mungkin Dilla belum tumbuh gigi, tapi sudah bisa apa2, yg baby
lain belum bisa...
gitu aja sharingnya,

Salam,
ari-bunda fathiya

Umminya dilla...

Gak perlu kuatir tiap anak tu beda2 perkembangannya...
kan Dilla udah tumbuh giginya...
Kalo boleh sharing nih Kavin tumbuh gigi umur 7 bln
now 14 bln gigi mo 10.. itu pun numbuhnya lama...but
skali numbuh langsung 2...

Setauku pertumbuhan gigi tu banyak pengaruhnya...
antara lain hormon, keturunan, jenis kelamin, asupan
kalsium , dsb... n gigi susu ntar akan tumbuh lengkap
kira2 pada usia 3 tahun... so jangan kuatir...

Ini aku masih punya artikel ttg pertumbuhan gigi baby
dari rangkuman diskusi milis WRM..

Pertumbuhan Gigi bayi

Seorang mommies WRM merasa khawatir ketika anaknya
menginjak 8 bulan ternyata belum tumbuh giginya,
walaupun demikian si anak tetap dapat menikmati
makanannya (tim saring) dan dapat mengunyah.
Berbagai cara sudah beliau lakukan dari memberikan
mainan untuk gigitan (teether) sampai memberikan
makanan yang agak kasar untuk merangsang pertumbuhan
gigi tetapi tetap belum tumbuh juga.

Dari tanggapan seorang mommies WRM juga, ia
menjelaskan berdasarkan sumber dari Tabloid Nakita dan
penjelasan dari milis BA bahwa pertumbuhan gigi
(erupsi gigi) sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa
hal: - hormon, asupan nutrisi, keturunan (genetis)
antara lain gusinya tebal sehingga gigi yang
seharusnya sudah muncul tidak segera muncul, dan jenis
kelamin.

Untuk waktu pertumbuhan gigi itu sebenarnya telah
dimulai pada saat kehamilan, di mana di dalam tubuh
bayi telah berkembang pucuk gigi, dasar dari gigi bayi
atau gigi susunya.
Pucuk ini mulai memecahkan permukaan gusi pada suatu
waktu di antara usia 3 hingga 12 bulan. Tetapi pada
umumnya gigi akan terlihat keluar rata-rata pada usia
6 bulan. Dan akhirnya gigi susu akan lengkap ketika
anak berusia 3 tahun.

Perlu diketahui pula pada bayi prematur mengalami
pertumbuhan gigi yang agak lambat dibandingkan bayi
yang lahir normal.

Yang perlu sedikit diwaspadai adalah ketika usia 12
bulan (1 tahun) bayi belum tumbuh giginya dan pada
bagian gusi belum terlinat bergerigi tidak ada
salahnya bila dipriksakan ke dokter gigi karena
dikawatirkan tidak punya benih gigi.

Biasanya pada saat giginya tumbuh bayi sering rewel
bahkan demam, untuk mengatasinya bisa diberikan
makanan yang sedikit cair dan dingin sehingga rasa
nyeri saat tumbuh gigi dapat berkurang. Atau bisa juga
diberikan mainan gigit-gigitan (teether) yang
sebelumnya disimpan di kulkas (berikan dalam keadaan
dingin).

Yang terpenting adalah jangan diberi obat maupun
vitamin apapun untuk mempercepat erupsi gigi. Biarkan
gigi tumbuh secara alam, kecuali apabila setelah
diperiksa oleh dokter gigi ternyata si anak tidak
mempunyai benih gigi. (ci/wrm)

Sumber lain:
-
www.babycenter.com/refcap/baby/babydevelopment/6574.html