Pak,
Berikut saya forward info dari medicastore.com...tentang Mammografi.....

    Kista Payudara

    DEFINISI

    Kista Payudara adalah kantung berisi cairan yang ditemukan di dalam
    payudara.

    PENYEBAB

    Penyebabnya tidak diketahui, kemungkinan melibatkan cedera payudara yang
    ringan.

    Kista paling banyak ditemukan pada wanita menjelang masa menopause.
    Tetapi kista dapat terjadi pada wanita pasca menopause, terutama jika
    mereka menjalni terapi sulih hormon.

    GEJALA

    Kista kadang menyebabkan nyeri payudara.

    DIAGNOSA

    Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaan fisik.

    Kista teraba licin, bisa digerakkan, berbatas tegas dan kadang nyeri bila
    ditekan.

    Pemeriksaan yang biasa dilakukan untuk memastikan adanya kista payudara
    adalah:
      Mammografi
      USG payudara.

    PENGOBATAN

    Untuk mengurangi nyeri, cairan dari dalam kista bisa diambil dengan
    menggunakan jarum.
    Jika cairan tersebut mengandung darah, berwarna coklat atau keruh, atau
    kembali terkumpul dalam waktu 12 minggu setelah cairan diambil, maka
    seluruh kista harus dibuang melalui pembedahan karena kemungkinan bisa
    terjadi keganasan pada dinding kista.

|--------+----------------------->
|        |          "Georgius    |
|        |          Iwan"        |