Rabu, 13 Juli 2005 10:07 WIB (Terbaca: 135)

      Berita
      Hari Genee, Minta Naik Gaji?
      PKS Online : Gaung penolakan paling keras bersumber dari kubu F PKS.
Tamsil Linrung menegaskan, anggota fraksinya sudah terbiasa dengan pola
hidup sederhana. ''Ketua fraksi saya sampai sekarang masih naik bus dari
Bogor ke DPR (Jakarta),'' tuturnya. Anggota Komisi I DPR RI dari PKS,
Soeripto menolak kenaikan gaji DPR. "FPKS menolak karena itu perintah
partai. Itu garis perjuangan," tegas Soeripto.

      PKS Online : Seandainya Ibu Pertiiwi bisa bicara, kemudian kita
bertanya kepadanya tentang perasaannya saat ini. Saya yakin ia akan menangis
sedih bahkan meraung-raung, melihat dan memikirkan nasib serta tingkah polah
anak-anak negerinya, yang semakin hari semakin aneh saja.

      Bagaimana tidak sedih. Coba bayangkan diantara derita yang menimpa
anak-anaknya di Aceh, Nias, dan anak-anak lainnya yang terserang wabah
penyakit polio, busung lapar, muntah ber di berbagai pelosok tanah air, tak
terkecuali DKI Jakarta, ada sebagian anaknya yang berdasi, naik turun mobil
mewah dan sekarang nongkrong di di kursi DPR, merasa tidak puas dengan
pendapatannya sebagai wakil rakyat, hingga mengusulkan agar kesejahteraan
mereka ditingkatkan, alias minta naik gaji.

      Dengan alasan untuk meningkatkan kinerja anggota dewan, Badan Urusan
Rumah Tangga (BURT) DPR mengajukan kenaikan tunjangan operasional. Besaran
tunjangan berkisar Rp 15 juta sampai Rp 20 juta, sehingga nantinya setiap
anggota DPR akan menerima gaji total sekitar Rp 35 juta sampai Rp 40 juta.

      Desas desus kenaikan jatah tunjangan di DPR, jelas mendapat reaksi
yang keras dari masyarakat juga dari kalangan anggota dewan sendiri. Bagi
wakil rakyat yang masih memiliki hati nurani, masih punya empati terhadap
jeritan rakyat yang memilihnya, mereka berteriak lantang bahwa kenaikan
penghasilan anggota dewan itu tidaklah rasional.

      Gaung penolakan paling keras bersumber dari kubu Fraksi Partai
Keadilan Sejahtera (F PKS). Kepada pers, F PKS menyatakan tidak setuju
apabila tunjangan anggota DPR dinaikkan, karena kondisi keuangan negara
tidak memungkinkan.

      Wakil Sekretaris FPKS, Tamsil Linrung seperti diwartakan situs
detik.com, menegaskan, anggota fraksinya sudah terbiasa dengan pola hidup
sederhana. ''Ketua fraksi saya sampai sekarang masih naik bus dari Bogor ke
DPR (Jakarta),'' tuturnya.

      Senada dengan Tamsil Linrung, Anggota Komisi I DPR RI dari PKS,
Soeripto menolak kenaikan gaji DPR. "FPKS menolak karena itu perintah
partai. Itu garis perjuangan," tegas Soeripto.

      Namun demikan , FPKS setuju saja jika anggaran untuk staf ahli fraksi,
komisi DPR diperbanyak termasuk gaji mereka. Di negara maju, peran staf ahli
untuk menunjang anggota dewan melaksanakan tugas dan fungsinya sangat besar.

      Melihat kondisi yang memprihatinkan di negeri ini, dan polemik yang
berkembang di masyarkat, apa masih tetap ngotot mau minta naik gaji? Tega
deh loe. (Ningsih)