Hi mbak Marina,

Travel dengan pesawat sebenarnya nggak punya resiko
khusus untuk kehamilan yang sehat.  Memang waktu
paling aman untuk air travel itu saat kehamilan
trimester ke-2 (terhindar dari resiko sakit karena
morning sickness, miscarriage atau malah melahirkan
dini).

Yang tahu kondisi tubuh saat hamil, selain DSOG juga
si ibu sendiri.  Jadi pertimbangkan baik-baik aja,
kondisi kesehatannya sekarang.  Temannya nggak punya
history anemia (berat), kan?  Faktor ketinggian bisa
mengurangi kadar O2 dalam darah, tapi kalau nggak
punya history penyakit ini, tubuh bisa adjust dengan
cepat, kok.

Kalau kondisi fit, and penerbangan jarak pendek,
rasanya sih nggak apa-apa. Kalau bisa pilih pesawat
berbadan lebar dan aisle/bulk head seat supaya lebih
nyaman.  Banyak minum air selama di pesawat untuk
antisipasi dehidrasi dan sering bergerak/jalan untuk
antisipasi blood clot.

Bulan Feb kemarin juga saya pakai air travel saat usia
kandungan 8-9 minggu.  Malah saat itu belum sempat
konsultasi dengan DSOG.  Cuma observe dan make sure
aja bahwa kondisi tubuh saya fit (2 minggu sepulang
dari perjalanan malah baru ngalamin morning sickness
he..he..)

O ya, kalau saya selalu juga pilih hari penerbangan
dengan prediksi cuaca lagi bagus (mis. kalau
berhari-hari hujan setiap sore, saya prefer
penerbangan pagi). Memang nggak selalu tepat
prediksinya, tapi at least supaya nggak terlalu sering
ngalami perubahan air pressure atau turbulance selama
perjalanan, yang nggak  terlalu nyaman buat saya walau
sedang tidak hamil juga ;)

hope that helps,
Sylvia - Jovan's mum with 28-week-'bump'

http://mail.yahoo.com