Moms/dads,

mau sharing nih.....

Minggu lalu tepatnya hari Rabu tgl 6/7 saya mulai sakit.
Gejalanya mirip seperti mau flu. Mungkin karena kecapean dinas
ke luar kota terus kali ya. Saya berobat ke om dokter sebelah
rumah n diberikan obat flu n penurun panas. Besoknya panas saya
tidak turun dan mulai muncul bercak2 merah. oleh om sebelah
saya disuruh test darah (widal + trombosit). Hasilnya saya
positif typhus I 1/320 dan trombosit 153rb. Oleh beliau saya
diberikan obat typhus.
Hari jum'at pagi, seluruh tubuh saya bercak2 merah dan karena
om sebelah sudah berangkat mau operasi, saya minta diantar
suami ke RS Sumber Waras untuk konsul ke dokter spesialis
penyakit dalam. Karena dr langganan saya belum bisa dihubungi,
dan badan saya masih panas, akhirnya saya minta diantar ke RS
Graha Medika.
Di sana saya langsung ke Reception dan bertanya dokter
internist yang praktek pagi tsb. Dikatakan cuma ada Dr. Gan. Ya
sudah saya konsul ke beliau. Kepada dr ini saya tunjukkan hasil
lab yang memperlihatkan saya kena gejala typhus ini. dan Dia
langsung bilang kalau saya positif campak. Lalu saya disuruh
tidur di ruang periksa. Ternyata saya bukan diperiksa dengan
stateskop dulu, tetapi langsung di usg. Bingung banget deh.
Tapi karena badan nggak enak n dr nya juga diem banget ya udah.
Nah setelah itu dr ini langsung minta saya periksa darah
(SGPT/SGOT dan trombosit). Lalu beliau minta saya langsung
masuk RS kalau hasil trombosit nya turun (tanpa memberitahu
turun nya berapa banyak).
Saya panik dibilang campak sambil bingung kenapa harus masuk
RS. Hasil test darah memperlihatkan trombosit saya turun ke
147rb. SGPT/SGOT juga dia atas normal. Karena saya tidak mau
dirawat di RS Graha Medika yang katanya so komersil, saya nekad
pulang ke rumah sambil mampir dulu ke ranch market beli jambu
biji merah. Saya telp rumah dan minta BS di rumah untuk rebusin
angkak 1 sdm dengan air segelas n sedikit gula batu.
pulang rumah saya minta BS memblender jambu biji (termasuk
biji2 nya) lalu saya minum kedua2 nya. hari itu saya minum 2
gelas besar juice jambu (sekitar 2 liter) dan 2 gelas angkak.keesokan harinya
saya kembali ke lab minta test trombosit. n
hasilnya sudah naik jadi 148rb. sorenya bercak2 merah di tangan
sudah hilang.
saya kembali ke dr sebelah rumah, mau minta surat rujukan ke
lab lagi n mau menanyakan apa sih sebenarnya penyakit saya.
Ternyata om sebelah bilang kalau bercak2 merah saya bukan
campak n bukan gejala demam berdarah. Tetapi hanya efek dari
panas tinggi yang terus menerus. Saya cuma kena gejala typhus,
karena saya sempet minum es gempol yang mungkin kurang bersih
waktu melayat mertua temen di kudus hari sabtu sebelumnya.beliau juga bilang
kalau Trombosit saya memang di bawah normal
tetapi masih oke. tidak perlu masuk RS. Cukup diminumin angkak
n juice jambu saja.
Saya bener2 bersyukur karena saya nekad tidak mau masuk RS.
Coba kalau saya panik n langsung masuk RS???? Padahal hari
sabtu malam, bercak2 merah di kaki sudah bersih sama sekali n
panas badan saya sudah turun.
kasihan maya deh kalau gitu.

Terima kasih ya buat wanda n desi yang saya repotin. Thanks
juga buat mbak sylvia atas respond nya yang cepet soal boleh
tidaknya saya menyusui maya.
mudah2 an sharing saya ini berguna buat temen2 yang cepet panik
(seperti saya :o)) supaya tidak terlalu percaya saja kalau di
suruh masuk RS.
Hany
Mama Maya

Note.
kata temen2 saya di kantor, Dr Gan ini memang selalu menyuruh
pasien nya untuk masuk RS. Bahkan suami temen saya waktu flu
berat disuruh masuk RS saja. Dia juga selalu melakukan usg
setiap memeriksa pasiennya.

indomail - Your everyday mail - http://indomail.indo.net.id