Halo Mba...
saya juga salah satu pemerhati asma...
soalnya ibu dan suami saya asma berat.
menurut dokter, anak saya kemungkinan besar juga menderita asma.
tapi, kata dokternya sih, kalo pemicunya ga dikasih, bomnya ga akan meledak..
Yg pasti ada pantangan utamanya !
TIDAK BOLEH ADA BINATANG PIARAAN APAPUN DI RUMAH.
kecuali ikan ya boleh sih..
Terus, kalo yang lain sih, rumah harus bersih banget dari debu.
Dan kalo bisa sih sofa di rumah terbuat dari kulit.
Karena, kalo yang terbuat dari beludru or kain, itu sarang debu 100% !
Dan sebisa mungkin tidak pakai karpet.
Karena, biasanya karpet itu kita cuci sebulan sekali dan mungkin ga tiap hari divacuum sama pembantu. Sprei dan sarung bantal guling anak paling lama seminggu sekali harus ganti (ini juga kata dokternya udah kelamaan kalo kita tinggal di daerah yang berdebu).
Anaknya laki or perempuan Mba ?
Kalo perempuan kan biasanya banyak tuh bonekanya, sebisa mungkin sering2 dilaundry. Itu juga bisa jadi salah satu pencetus.. Ada lagi soal makanan, ini mesti kita sendiri yang liat, karena setiap orang punya alergi yang berbeda.
Tapi kalo bisa sih jangan dikasih coklat !
Nah, loh.. itu kan makanan utama anak2 yah ?
Cuma dokter anaknya Marco bilang, sebisa mungkin jangan dikasih coklat, soalnya itu salah satu pemicu utama asma pada anak2... Saat ini, Marco baru 2 thn, tapi kalau ke tempat yang rada berdebu, dia sering bersin.
Menurut dokter, itu indikasi pertama gejala asma..
Saya sih cuma pasrah aja. soalnya ga ada obat yang paling mujarab KECUALI mencegah serangan !
yang pasti sih dokter suruh berenang, kalo bisa tiap hari..
tapi mana sempet ?? klise banget sih sebenarnya....
tapi mau gimana lagi ?
Cuma mungkin ada anggota lain yang punya pengalaman bisa menyembuhkan asma, saya mau dong advisnya...

salam,
Yuliana, mama Marco