Momz & Dadz,

dari milis tarq niy...cuma buat masukan aja. Aku
sendiri masih bingung Keiza (15bln) mau disekolahkan
kemana nantinya. Tapi rencananya umur 3 tahun baru
disekolahkan.

Mungkin ada yang bisa kasih sharing/pencerahan juga?

Thanks
jeanne

Dear All mommy .....
Saya juga mau sharing nih seputar masalah pre-school,
anak saya mulai usia 2,6 th sdh saya masukkan ke
preschool yg menggunakan bhs Inggris sampai menjelang
usia 4 th saat memasuki TK Umum. Memang pada akhirnya
terjadi kendala dalam penggunaan bahasa. Ia jadi
kurang mengenal bahasa Indonesia baik dalam berhitung
maupun membaca. Kemudian saya sadari bahwa kita ini
bagaimanapun juga harus lebih menomorsatukan bahasa
kita sendiri. Lagipula masuk ke TK umum akan lebih
memudahkan anak2 kita mencari sekolah ke SD
kelak. Ini saya alami pd teman saya sendiri, dimana ia
menyekolahkan anaknya di TK internasional smp TK B,
lalu saat mau masuk SD, ia kesulitan mencari SD bahkan
anaknya tidak diterima di sekolah manapun, karena
alasan SD-SD yg akan dimasuki kebanyakan memberi
komentar bhw mereka lebih menomorsatukan murid2 dr TK
umum dulu.

Rgds,
Mario Moms <[EMAIL PROTECTED]>

Sent by: [EMAIL PROTECTED]
07/14/2005 08:36 PM

Anak saya Mario umur 13 bulan, sejak 1 thn saya sudah
masukan dia di Preschool di daerah Pluit (maaf saya
tidak bisa sebutkan namanya). Sejauh pantauan saya sih
bagus karena bertaraf internasional (menggunakan
bahasa
Inggris), kurikulumnya bagus sekali.

Pagi tadi ada undangan Meeting Teacher Meet ParentsĀ
yang dimana gunanya untuk tanya jawab mengenai
kekurangan dan kelebihan sekolah tersebut guna
untuk perbaikan kedepannya. Didalam meeting tersebut
hadir orang tua murid dari kelas Toddler (Baby Class
umur 1-2 thn)) sampai dengan Kindergaden 2
(setingkat TK B). Salah satu dari orang tua murid K2
bertanya kepada Principal mengenai :

Bahwa orang tua murid tersebut bingung mau lanjutkan
anaknya ke SD mana, maksudnya adalah apakah tetap
memilih sekolah Internasional/ Nasional/Umum, Org tua
murid tsb lebih suka memasukannya keseolah umum
mengingat jaraknya lebih dekat dari rumah,
kekhawatiran ortu tersebut adalah bahwa anaknya sampai
saat ini belum bisa membaca, belum bisa berhitung dan
belum
bisa abjad dari A-Z dalam bahasa Indonesia, yang
anaknya bisa adalah membaca dengan Bahasa Inggris dan
berhitung dalam bahasa Inggris (1 - 100), jika disuruh
membaca Koran atau plang dijalan anak tersebut
binggung
untuk membaca i dengan I atau huruf2 lainnya. Pernah
satu hari  anak sepupunya datang menginap dirumah
sambil membawa PR dari sekolahnya, anak
tersebut duduk di  TK B dari sekolah umum dan ternyata
sudah bisa membaca, menulis bahkan sudah bisa IMLA.

Ada juga orang tua murid lainnya yang tingkat anaknya
sama yaitu K2 bertutur bahwa anaknya hanya bisa
berbahasa inggris tidak bisa berbahasa
Indonesia, dirumah padahal sudah diajak berbicara
Indonesia tetapi jawabnya selalu inggris, Ibu tersebut
memang mau melanjutkan SD anaknya ke
sekolah Internasional tetapi di sekolah tersebut
Bahasa Indonesia juga merupakan mata pelajaran
penting, jika merah makan akan tinggal kelas.

Dari pertanyaan orang tua diatas mata saya terbuka
bahwa ternyata susah juga ya memasukan anak ke
Preschool Internasional karena nantinya akan
timbul masalah/kesulitan yang tidak kita sangka.
Memang di Preschool tersebut ada kelas Bahasa
Indonesia tetapi hanya diajarkan di tingkat
Kindergaden 2, itu juga tidak setiap hari hanya 1X
seminggu. Anak tersebut
juga setiap harinya dibacakan cerita, lagu dan
permainan semuanya dalam bahasa inggris, jadi mereka
terbiasa dengan spelling  dlm bhs inggris.

Memang sih kelihatannya mending gitu anak dengan
bahasa Inggris lebih keren. Tetapi bagaimanpun juga
kan kita tinggal di Indonesia, Bhs Indonesia lebih
pentingĀ¦

Setelah itu saya jadi berpikir cukup saya sekolahkan
anak saya sampai dengan Nursery 2 setelah itu masuk TK
umum saja, supaya dia bisa cepat membaca dan menulis.
Setelah masuk SD toh saya bisa masukan les Inggris.

Bagaimana Ibu lainnya apakah punya pendapat lain?

=eom=