mbak,
sama dong nasib kita, azbi (7 bln) juga baru aja kena
flu gitu...trus sempet aku bw ke dokter..n di kasi
obat..tapiiiii..krn aku penasaran, aku tanya deh ke
milis mom yg lain...en dapet banyak masukan...
ini aku kasi beberapa saran dari mom milis
sebelah..(boleh kan moderator..?)

 "Kalau soal hidung mampet, siapkan aja air matang
campurkan garam. Disedot sedikit pakai pipet, masukkan
1 - 2 tetes ke lubang hidung. Ini untuk mencairkan
muchus dalam hidung. Atau bisa juga beli obat tetes
hidung buat bayi/anak. Sesudah itu disedot hidungnya
pakai sedotan khusus (kayak pipet tapi menggembung).
Dibuang deh muchusnya. Pengalamanku begini buat e
anak, alhamdulillah, berhasil terus. Apalagi resiko
hidup di negara 4 musim yg 3-nya dingin."

"Cara lainnya, saran kawanku yg Physician Assistant.
Air mendidih, taruh kira2 1 - 2 sendok makan Vicks
Vapor (obat gosok). Dekatkan si bayi biar menghirup
hawanya dna membuka hidung mampet. Jangan lupa,
disedot juga muchusnya. Dulu pernah karena darurat,
aku pakai sedotan minum biasa buat sedot hidung. Asal
jangan terlalu dalam masuknya dan disedot pelan2.
Jangan sampai tertelan, ya."

treatment sendiri di rumah... diuapin gitu.... caranya
Taruh seember or sebaskom air panas yg dicampur munyak
kayu putih...ember taruh di sudut kamar n tutup pintu
kamar.... so, udara kamar lembab...hidung anak meler
kluar ingus... trus kalo anak tidur kasih aja di
dahinya campuran minyak telon n pala bubuk... so, anak
idungnya gak mampet n tidurnya pules...."

"Info lagi nih buat ngluarin dahak/slam tuh pake daun
kucai (ada di supermarket...) caranya tumbuk daun
kucai trus ambil lendirnya... minumin ke anak... kalo
muntah gpp brarti dahaknya kluar..."

terus...kata dsa azbi si...kalo panasnya 38 baru bisa
kasi obat penurun panas....dan pakein baju nya jgn
tebel2...(jgn kasi selimut,or jaket)
malahan kalo ada AC di kamar, nyalain aja 24-25
derajat..en kalo mo kompres, pake air ledeng...gitu...

mudah2an membantu...aku juga punya file ttg kesehatan
anak sih...kalo mau, japri ya...

rgds
wuri

http://mail.yahoo.com