Bunda Naya,

Mau nambahin sharing dari ummi nadhif dibawah ini, setiap anak kecil
kayaknya kalo lagi asyik dengan sesuatu entah mainannya, sedang nonton
TV/iklan pasti cuek bebek kalo dipanggil.......tapi kalo lagi bengong2 aja
biasa sih mau noleh........(tergantung mood deh..........)

Bram (10 bln) juga gitu, kalo lagi tekun dgn mainannya mau digodain kyk
gimana juga tetep antengggg.....tunggu dia bosen, baru deh dilempar2 tuh
mainan...
Kalo kosa katanya dari umur 7 bln-an dah bisa ngomong
apa....papa.......udah.........ayayayay....(ibunya ndiri ga pernah
dipanggil........hik222 sedih) plus bahasa planetnya yg lain.......untuk yg
dia dah ngerti cuma nyebut : papa (kalo liat papanya.....or yangkungnya)
trus kalo mimik susunya dah abis dia bilang "udah"........sambil
dilemparrrrrr.....

Mungkin dibanyakin stimulasi dari kitanya mbak, orang2 dekatnya utk "bawel
& cerewet" ngomong...........kalo dia merhatiin sesuatu, kita ksh tau nama
benda tsb...trus kalo mo bobok diajak curhat/ngobrol aja layaknya org gede,
biar belum ngerti tp dia belajar dari kata2 yang tiap hari kita ucapkan
(tentunya yg kata2 baik, sopan dan mendidik).............karena bayi cepat
sekali proses belajarnya, krn diimbangi dgn pertumbuhan otaknya yang pesat
sampai usia 3 thn (cmiiw)....

                    "Dhinok"

                    <[EMAIL PROTECTED]        To:
<balita-anda@balita-anda.com>
                    oo.com.sg>              cc:

                                            Subject:     Re: [balita-anda]
Tanya: perkembangan bicara anak
                    20/07/2005 13:53

                    Please respond

                    to balita-anda

Bunda Naya....
Nadhif (17 bulan) juga belum bisa bicara normal, bicaranya masih pake
bahasa
planet, dia baru bisa bilang, udah, ada, mbah, mbak, gajah trus kemaren
nambah satu lagi owat (maksudnya so what ;) ) kalau mau minta sesuatu cuma
bisa jerit-jerit sambil nunjuk tapi semua omongan kita dia ngerti, misalnya
pernah mbahnya bilang mau motong semangka, Nadhif langsung mendorong-dorong
semangka ke arah dapur, trus waktu mbahnya bilang mau nyiram bunga, Nadhif
langsung narik-narik selang. Setiap apa yang kita suruh, Alhamdulillah
Nadhif langsung ngerespon dengan benar, walaupun kadang kalo lagi asyik
maen
cuek bebek aja kalo dipanggil. Jadi sejauh ini saya belum khawatir biarpun
Nadhif belum bisa bicara normal . Maaf kalo tidak membantu.

Ummi Nadhif
www.babiesonline.com/babies/n/nadhif