Deal all,

Salam kenal, saya Fardiansyah (Adi) usia 30 th, istri juga 30 th. Anak
saya yg pertama Cika 3 th 7 bln & adiknya Irfan 2 th 7 bln.
Cika baru aja masuk TK nol kecil. Mulai belajar awal pekan lalu (18 Juli
2003).

Saat ini saya sedang menghadapi masalah yaitu Cika yg takut masuk
sekolah, awalnya sih ingin selalu ditemani oleh mamanya baik diluar
kelas ketika sedang bermain atau ketika di dalam kelas. Jika tidak
ditemani, Cika akan menagis keras-keras. Pekan lalu adalah pekan
penyesuaian sehingga sang guru masih memperbolehkan mamanya utk menemani
Cika, namun mulai hari ini seharusnya tidak boleh ada satupun orangtua
yg mendampingi anaknya. Selama 1 pekan itu istri sy tidak melihat ada yg
mengganggu Cika di sekolah, tidak ada anak lain yg menakali Cika,
gurunyapun baik, Cika mendapatkan teman baru.

Saya & istri sudah berusaha membujuk, dan berjanji memberikan reward
yaitu akan membelikan makanan kesukaannya & mengajaknya berjalan jalan,
bahkan kemarin sy jg sdh mengajaknya jalan2 (mandi bola & naik
"andul-andulan") & ketika pulang, saya katakan kepada Cika bahwa jika
besok (hari ini) dia tidak menangis lagi di sekolah, saya akan
mengajaknya jalan2 lagi.

Tapi hari ini, Cika tetap menangis & bahkan mengatakan "Aku gak Mau
Sekolah...!!"

Padahal sebelum masuk sekolah, Cika sangat bersemangat untuk bersekolah
& menurut saya Cika termasuk cerdas, di usianya itu Cika sudah mengenal
huruf & angka bahkan sudah bisa menulis namanya (cika), adiknya (irfan),
"papa", "mama", & kata2 sederhana lainnya.
Cika sudah mulai saya perkenalkan dengan sekolah (TK) sejak usianya
masih 1 th. Kebetulan rumah kami yg lama di depannya ada TK. Sehingga
menurut saya, sekolah, belajar, guru & teman adalah hal yg biasa utk
Cika.

Dan utk membuka ingatannya kembali tentang sekolah, sebelum mendaftarkan
Cika ke TK, saya mengajaknya juga ke TK, bahkan ketika mendaftarkannya
pun saya juga mengajak Cika & membiarkannya bermain di sekolah itu.

Saya bingung, apa yg mesti saya lakukan. Sebab sy gak ingin Cika menjadi
Phobi dgn Sekolah. Apakah ini semata2 sifat kolokannya ? padahal sy
selalu menekankan kemandirian padanya, Cika sudah bisa pakai baju (kaos
or berkancing) sendiri. Tapi memang saya akui untuk beberapa hal
(terkadang) dia sangat kolokan.

Bagaimana ya cara mengatasi masalah ini..?
Mungkin netter pernah mengalami or mengetahui hal yg sama & memahami
solusinya, please share.

Thanks ya. Salam,
Fardiansyah
PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia
Jl. Yos Sudarso, Sunter II
Jakarta Utara, Indonesia 14330
Ph. : (6221) 6515551 ext 2365 (N. 896212365)
Fax : (6221) 6515616, 6518437 (N. 896212865)

Kirim email ke