From: Dede [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, July 26, 2005 3:10 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: [balita-anda] Hari gini ga' suka matematika? Udah bukan
jamannya lagi!

        Hari gini ga' suka matematika? Udah bukan jamannya lagi!

        :: Berapakah 319.543x18? Benarkah 45.751.131 : 17 = 2.691.243?
Pasti kita bisa menjawab dengan benar! Yang menjadi masalah adalah:
bisakah kita menjawabnya tanpa kalkulator dalam waktu 60 detik?

        :: Bukalah mata dan ketahui bahwa semakin mudah metode yang
digunakan siswa untuk menyelesaikan soal, maka semakin cepat siswa akan
menyelesaikan soal itu dengan sedikit peluang untuk membuat kesalahan!

--------

           Bogor, Kamis, Juli 07, 2005

        Subject: Mental Kalkulator pada anak dan orangtua

        Pengunjung yang budiman,

        Beberapa diantara Bapak/Ibu mungkin sudah ada yang mengenal
saya. Tapi baiklah, saya perkenalkan kembali untuk Bapak/Ibu semua. Nama
saya Srihari Ediati, Ir. Sejak 2002 saya aktif di dunia Capital Market
(Pasar Modal Indonesia), khususnya di bidang saham, disalah satu
perusahaan sekuritas anggota Bursa Efek Jakarta.

        Aktif di dunia Capital Market memaksa saya untuk setiap saat
"bertatap muka" dengan layar monitor komputer, televisi, internet dan
media lainnya.

        Memantau pergerakan harga-harga saham membutuhkan kecepatan dan
keakuratan perhitungan, yang berarti saya setiap hari harus berhadapan
dengan angka-angka yang terus berubah. Maklumlah, harga saham dapat
bergerak cepat atau lambat, tergantung dari kondisi pasar.

        Suatu hari saya pernah dikejutkan oleh "kebuntuan" otak saya
dalam berhitung. Coba Bapak/Ibu bayangkan, 1 lot saham adalah sama
dengan 500 lembar. Jika saya membeli 50 lot saham A, semuanya ada berapa
lembar? Secara logika seharusnya saya langsung menghitung 50x500=25.000
lembar saham A. Namun karena setiap hari saya menggunakan kalkulator,
hal ini menjadikan saya sangat tergantung "mesin hitung" itu untuk
proses perkalian atau pembagian sederhana sekalipun. Sehingga tanpa
kalkulator, saya tidak bisa menghitung!

        Apa yang terjadi jika kalkulator yang biasa saya gunakan rusak?
Atau bahkan hilang? Apakah harus membeli yang baru? Ketergantungan
terhadap kalkulator membuat kegiatan saya terhambat! Padahal, tidak
jarang dalam beraktifitas di pasar modal saya dihadapkan pada
perhitungan seperti Rp. 4800 x 15 lot? Sungguh ini merupakan suatu
"bencana"!

        Sampai pada suatu ketika, teman saya Mr. Katsuhiro Ithokui dari
Osaka Senko Co., Ltd. menelpon saya dari Osaka, Jepang, dan bertanya
mengapa e-mail yang dia kirimkan ke saya 2 hari sebelumnya belum
dibalas? Saya katakan bahwa saya belum membalas karena saya membutuhkan
waktu lebih banyak dalam sehari untuk  kegiatan hitung menghitung
perubahan harga saham. Padahal kalkulator saya hilang!

        Sehari kemudian e-mail Mr. Ithokui kembali saya terima. Kali ini
isinya adalah beberapa contoh perhitungan perkalian dan pembagian dengan
metode MathMagic. Salah satu contohnya adalah jawaban 4800x15 [Rp. 4800
per lembar saham x 15 lot, 1 lot = 500 lembar]. Dia menuliskan beberapa
pertanyaan, diantaranya:

        []Berapa hasilnya? Hitung tanpa kalkulator!

        []Berapa lama Anda mengerjakan soal tersebut?

        []Berapa lama Anda memeriksa hasilnya benar atau salah?

        Dari contoh pembagian tersebut, dengan metode MathMagic, jawaban
bisa dihitung kurang dari 5 detik! Berapa lama memeriksa hasilnya benar
atau salah? 3 detik!! Hasil perkaliannya adalah 36.000.000...It's
amazing!

        Sangat menakjubkan! Bagaimana cara "magic" ini bisa menghasilkan
jawaban 36.000.000? Total hanya dibutuhkan waktu kurang dari 8 detik
untuk menjawab sekaligus menentukan apakah jawaban yang kita berikan
salah atau benar. Klik disini jika Bapak/Ibu ingin mengetahui komentar
para pengguna Paket Mathmagician Family.

--------

        Apa yang terjadi dengan perhitungan 88x15? Benar, jawabannya
adalah 1.320! Berapa lama saya mengerjakan perkalian tersebut? 3 detik
tanpa kalkulator! Wow... sungguh luar biasa! Berapa 54x99? Tanpa
kalkulator, lagi-lagi saya mendapatkan angka 5.346 dalam 4 detik! Saya
serius...!

        Dalam metode MathMagic tidak semata-mata diutamakan kecepatan,
namun juga kebenaran dan logika jawaban yang dihasilkan. Bagaimana
metode MathMagic ini jika dibandingkan dengan metode lainnya yang telah
ada? Secara umum tidak ada perbedaan yang mencolok. Masing-masing metode
bertujuan untuk memperoleh jawaban dengan tepat dan benar. Namun secara
prinsip, dalam metode MathMagic, setiap persoalan perhitungan (+ - x :)
dikerjakan dengan strategi yang sesuai untuk mendapatkan jawaban yang
sederhana, mudah, cepat dan tepat. Jadi seseorang harus kreatif dalam
menentukan strategi berhitung sesuai dengan soal yang dihadapi.

        Tidak perlu saya ungkapkan panjang lebar mengenai perbedaan
masing-masing metode. Yang pasti, semua metode bertujuan sama, yaitu
mendapatkan hasil yang benar dan tepat serta cepat. Kelebihan metode
MathMagic adalah:

        Tidak diperlukan alat bantu apapun, kecuali alat tulis menulis,
itu pun jika diperlukan, dan strategi yang tepat.

        Dapat digunakan oleh siapa saja, baik anak yang tidak suka
[tidak berbakat] maupun yang suka [berbakat] matematika.

        Rasa percaya diri sang anak akan bertambah setelah sang anak
mengetahui cara penggunaannya sehingga akan berkorelasi positif terhadap
pelajaran matematika di sekolahnya. Bahkan berkorelasi positif juga
untuk mata pelajaran yang lain!

        Metode MathMagic mengajarkan berhitung dari arah kiri ke kanan.
Bukan dari kanan ke kiri seperti yang sering diajarkan di banyak
sekolah. Apakah metode ini berhasil dengan baik jika diajarkan kepada
anak-anak setingkat SD? Inilah hasil yang saya ajarkan pada dua orang
anak saya:

          Pertama, Agung - anak pertama saya dan duduk di kelas 3 SD,
usia 8 tahun, saya ajarkan perkalian 11, 99, 15, 101, 105, perkalian
silang dan penggunaan Kalkulator Kertas. Setiap soal perkalian berhasil
di pecahkan selama rata-rata 5 detik! Dan dia hanya memerlukan 5 detik
juga untuk pembuktian jawaban yang diberikan benar atau salah. Saat ini
Agung sudah menguasai strategi menjawab perkalian seperti 21451x32144
dengan menggunakan Kalkulato

        Wassalam

        Dede Maulana

        (Komunitas Bukamata.com)