Salam,
Nama saya Vera, ibu dari Nicholas.
Saya baru bergabung dengan milis ini sekitar dua hari.
Tapi kok saya malah pusing ya?
Saya pikir akan lebih banyak diskusi soal balita, tapi kok isinya ternyata
macem-macem banget, dengan bahasa yang macem-macem juga, rasanya sedikit
sebel sih setelah ngedownload seratus-an email (hari pertama malah dua
ratus-an), cuma buat ngebaca email yang sama sekali nggak ada hubungannya
dengan permasalahan balita.

Mungkin ada yang bisa kasih informasi ke saya? Apa memang sehari-harinya
milis ini seperti ini? Maksud saya apa memang topik yang dibahas bebas,
tidak harus selalu soal balita, tapi bisa apa saja? Maaf, karena saya baru
bergabung, jadi saya belum terlalu paham aturan mainnya. Mungkin saya salah
ya, karena ekspektasi saya bergabung adalah untuk bisa mendapatkan informasi
tambahan mengenai anak. Mungkin ada yang bisa sedikit menjelaskan ke saya?
Jadi saya punya gambaran akan tetap bergabung atau unsubscribe. Terima kasih
sebelumnya.

Mengenai pesawat, setau saya normalnya bayi itu boleh naek pesawat setelah
umur 30 - 40 hari. Tapi pengalaman teman saya, umur seminggu anaknya udah
dibawa terbang, tapi penerbangan domestik jarak pendek. Jadi perubahan
tekanan udara tidak terlalu lama kena ke telinga. Dan si anak baek-baek aja.
Pengalaman saya, umur 4 bulan anak saya sudah kita bawa terbang jarak jauh,
dan nggak ada masalah. Cuma satu triknya, saat take-off dan landing si anak
harus disusuin. Baek ASI maupun botol, jadi efek menelan akan membantu
menghilangkan pressure di telinganya. Tapi lebih baik, sebelum terbang
check-up dulu ke dokternya, ada infeksi dll nggak di telinganya. Supaya
lebih aman aja. Soal bising-bising? Katanya justru suara mesin pesawat yang
datar dan monoton membantu bayi untuk tidur Pak... Mudah-mudahan cukup
ngebantu.

-V-