Dear all...
Maksih smua buat sharing2nya kmaren.. Mbak Vera, Mbak
Yuliana Dewi, Mbak Iis...
Ternyata Kavin kena roseola spt apa yg dinfoin Mbak
Intan lewat BAKU (milis cadangan kalo BA pingsan)
kmaren.. sempet browsing juga kwe alamat yg ditunjuin
Mbak Intan ke www.mayoclinic.com/invoke.cfm?id=DS00452
 (ada gambar2nya ttg roseola.. so, aku yakin)

Now, puji Tuhan bintik2 n ruam merah Kavin dah rada
ilang tinggal di perut n leher aja... makan n
aktifitas tetap kaya biasa so, ini mungkin yg
mempercepat kesembuhannya yah... Puji Tuhan banget!!

Ini aku ada artikel postingan dr Mbak Fira di BAKU
@plasagroup kmaren.. (Mbak Fira aku posting di sini
yah..)

Lebih lengkap tentang roseola, silahkan klik
www.mayoclinic.com/invoke.cfm?id=DS00452

ARTIKEL ROSEOLA

NAMA

Roseola Infantum

DEFINISI

Roseola Infantum adalah suatu penyakit virus menular
pada bayi atau  anak-anak yang sangat muda, yang
menyebabkan ruam dan demam tinggi.
Roseola biasanya menyerang anak yang berumur 6 bulan -
3 tahun.
PENYEBAB
Penyebabnya adalah virus herpes tipe 6 dan 7.

Virus disebarkan melalui percikan ludah penderita.

Masa inkubasi (masa dari mulai terinfeksi sampai
timbulnya gejala) adalah sekitar 5-15 hari.

Biasanya penyakit ini berlangsung selama 1 minggu.

GEJALA

Demam timbul secara tiba-tiba, mencapai 39,4-40,6°
Celsius dan berlangsung selama 3-5 hari. Meskipun
demam tinggi, tetapi anak tetap sadar dan aktif.
Pada saat suhu tubuh mulai tinggi, 5-10% penderita
mengalami kejang demam (kejang akibat demam tinggi).

Bisa terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di
belakang kepala, leher sebelah samping dan di belakang
telinga.
Limpa juga agak membesar.

Pada hari keempat, demam biasanya mulai turun.

Sekitar 30% anak memiliki ruam (kemerahan di kulit),
yang mendatar maupun  menonjol, terutama di dada dan
perut dan kadang menyebar ke wajah, dan tungkai.

Ruam ini tidak menimbulkan rasa gatal dan berlangsung
selama beberapa jam  sampai 2 hari.

DIAGNOSA

Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil
pemeriksaan fisik.

PENGOBATAN

Untuk menurunkan demam, bisa diberikan asetaminofen.
Kepada anak-anak tidakboleh diberikan aspirin karena
bisa menyebabkan sindroma Reye.
Sebaiknya anak dikompres dengan menggunakan handuk
atau lap yang telah dibasahi dengan air hangat
(suam-suam kuku). Jangan menggunakan es batu, air
dingin, alkohol maupun kipas angin.

Usahakan agar anak minum banyak air putih atau
potongan-potongan es batu,rutan elektrolit atau kaldu.

Selama demam, sebaiknya anak menjalani tirah baring.

Ok, moga2 bisa jadi pelajaran yg bermanfaat buat
smuanya yah...

Uci mamaKavin