Dear Mbak Natalia…

Coba bantu yah but sori kalo agak gak ilmiah…

Gini aku punya temen greja anaknya 2 smua pas umu2 1-3
tahun juga kena TBC.
Padahal tu anak smua dah divaksin BCG n ada bekas
tandanya… anak2 temanku ketauan kena TBC anak pertama
pas umur 9 bln trus anak ke-2 juga ketauan juga pas
umur 7 blnan lah.. so, kayanya bisa buat contoh
masukkan deh kalo uah divakvin BCG ternyata bisa kena
TBC

Setauku sih dr berbagi sumber TBC menupakan salah satu
bentuk penyakit infeksi. Penyakit infeksi adalah
penyakit yang disebabkan masuk dan berkembangbiaknya
kuman dalam tubuh seseorang.
Kuman adalah makhluk hidup yang sangat kecil sekali
(mikro onganisme = mikroba = jasad renik) yang hanya
dapat dilihat dengan mikroskop. Ada jutaan jenis kuman
salah satu di antaranya adalah kuman TB.

Ada beberapa cara penularan TB, tapi yang paling
sering adalah melalui
saluran respiratonik (pernapasan). Pasien TB dewasa
dengan TB paru,
jika batuk, bersin, menyanyi, atau bicara akan
menghembuskan ribuan
kuman TB ke udara di sekitarnya. Bila kuman ini
terhirup oleh orang
lain, maka orang tersebut dapat terinfeksi.

Btw, gejala yg disebutkan Mba Natalia tu gimana krn
untuk memvonis gejala TBc tu banyak tes yg perlu
dijalani, salah satunya test mantoux...

Lebih lanjut ttg TBC bisa lihat di http://idai.or.id/

Ok, smoga bisa sedikit membantu yah..
Uci mamaKavin