semahal Electrolux tapi sama-sama buatan Eropa. After Sales Services nya
juga bagus.

"intan dima" <[EMAIL PROTECTED]>
08/23/2005 03:42 PM
Please respond to balita-anda

        To:     <balita-anda@balita-anda.com>
        cc:
        Subject:        Re: [balita-anda] info mesin cuci (putaran vert or hori
- mbak HANIFA)

From: "Yandi Dwiputra F" <[EMAIL PROTECTED]>

Mbak wanda,
kalo mo cari mesin cuci cari yang putarannya vertikal ( kayak electrolux
yang 1 tabung), soalnya kalo yang putarannya horisontal (kayak mesin cuci
yang 2 tabung itu loohhh)ngerusak pakaian, kaos yang tadinya bagus bisa
melar semua getoo loohhh......

Mbak, kalo saran saya sih, beli mesin cuci itu sesuai kebutuhan dan
kemampuan finansial kita.  Secara teorinya sih mesin cuci satu tabung
lebih cocok untuk ibu ibu yang tidak punya waktu banyak, karena
pemakaiannya yang  praktis. Mesin cuci satu tabung ada dua jenis yang
top loader dan front loader.  Paling bagus sih memang frontloader karena
kita bisa mengatur temperatur air dan bisa pengering panas. tapi mesin
cuci jenis ini biaya operasionalnya juga mahal karena kapasitas air dan
watt listriknya besar (+/-2100W), otomatis tagihan listrik dan air juga
naik cukup signifikan, tidak cocok untuk perekonomian yang belum high
dan daya rumah yang kecil.  Tapi mesin cuci jenis ini memang paling
halus mengerjakan cucian, sehingga cucian gak kusut dan gak gampang robek.

Mesin cuci top loader, memang sudah full program (ada beberapa produk
yang semi).  Tidak ada pemanasan air,  kelebihannya cuman di kepraktisan
saja. Watt listrik jauh lebih kecil daripada frontloader (+/- 350W).
cuman waktu mencuci kita mesti pilih pilih, karena mesin ini ngerjainnya
agak kasar, jadi kadang merusak baju yang sensitif ama pergerakan, trus
kadang juga belit belit ga keruan.  Kalo yang baju bajubiasa sih gpp,
cuex saja.