Hai mbak Nia,

Berbagi pengalaman ya, anakku abraham (11,5 bln) dari 6 bln sampe skrg
selalu tidur jam 21.00 atau kalo kita2 msh nonton TV dia juga ikutan nonton
dan bisa sampe jam 21.30 baru tidurr....
Semakin besar anak, semakin kurang jadwal tidurnya karena dia lebih senang
main/sosialisasi dgn lingkungan sekitarnya........

Aku sendiri suka cape dan ga sabar kalo Bram jam 21.00 blm juga tidur, dah
digendong, dikasih susu tetep masih "terang" tuh matanya........kalo denger
suara TV jg msh pengen nonton.........biasa kalo dah gini tak akali dengan
matiin semua lampu dan jadi gelap kamarnya..........lama2 dia ngantuk dan
tidur dipundakku.............(lumayan efektif, krn sinar lampu merangsang
tubuh utk aktif/terjaga terus).....
Berikut jadwal tidur anakku yg dah hampir setahun: Jam 09.00 sehabis
sarapan dan mandi dia tidur sampe jam 10.00, trus jam 13.00 - 14.00 abis
lunch........trus sore jam 17.00 - 17.30 abis mandi sore..........(cuma 1/2
jam krn kalo kelamaan takut malemnya susah tidurrr) trus tidur malam jam
21.00 - 05.00 (bangun kalo minum susu aja).......

Ga usah kuatir kok mbak dengan perubahan pola tidur anak, krn mereka memang
tambah besar dan kebutuhan bermainnya tambah banyak........dan jangan
dibandingin jaman usianya msh kecilll.............karena pasti beda bgt.

Nah jadwal tidur anakku diatas (4X tidur dlm sehari) tidak berlaku, kalo
ada acara khusus mis: arisan keluarga, jalan2 ato diluar kebiasaan dia
sehari2........biar udah dikasih apa aja dia keukeuh ga mau
tidur...........apalagi banyak temen2nya yg msh main, biar matanya dah "5
watt" pasti dia marah kalo kita suruh tidur.........maunya maennn
teruss.......

                    Nia Hapsari

                    <bunda_satya@        To:     balita-anda@balita-anda.com

                    yahoo.com>           cc:

                                         Subject:     [balita-anda] jam tidur
anak
                    23/08/2005

                    16:53

                    Please

                    respond to

                    balita-anda

dear all,

mO curhat abis aq bingung sama anakku satya (anak 1, 1th 1bln). Dia itu
susah bgt disuruh tidur. Pagi s/d sore dia tidur cuma 2x itu juga paling
hanya 1/2jam, pernah lama sampe 2jam karena malemnya rewel bangun2 trus..
Dah hampir 2 minggu ini kalo tidur malem pasti jam 9an..padahal dulu dari
umur 0 s/d 1th dia selalu tidur jam 7an pake asi. Saya pulang kerja jam
5.30,,,ajak anak maen, trus saya ajak masuk kamar dan tidur sampe pagi ya
bangun2 juga kalo mao menyusu asi. Tapi akhir2 ini susah bgt maunya main
trus kadang di tempat tidur dah enak2 tidur eh tiba2 dia bangun langsung
tunjuk pintu kamarnya dia minta keluar apalagi kalo denger suara tantenya
wah dia langsung bangun minta diajak maen. Memang sehari2 adek saya yg ajak
satya maek kalo dia lagi ga kuliah. Jadinya satya kalo malem ga mo
digendong saya takut diajak tidur mintanya sama tantenya karena sama dia
pasti diajak maen.
Mo minta sarannya apa harus dibiarin aja sampe dia capek dan mengantuk jadi
kalo dipaksa tidur takut dianya malah sebel sama saya padahal saya mo
mengajarkan dia kalo pagi s/d sore waktu aktifitas tapi kalo malem adalah
waktu istirahat. Ya kawatir juga namanya anak masa tidurnya malem2 mending
kalo siangnya banyak tidur dan doyan makan+minum susu. Takut nanti dianya
sakit ya memang kalo jam 9an tidur bangunnya jam 6an. Ada ga si yg ngalamin
kaya begini. Tolong donk sarannya.Plis..............