From: D3w1 C4nDRa [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Friday, August 26, 2005 4:50 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] Fw: Pasar Murah

Hiks...sy paling terharu waktu baca ada seorang Ibu yg mau beli baju
lebaran buat 2 anaknya...hiks....

Mba Santi, sy punya mainan ngga terpakai banyakkkk bgt, smp bingung mau
dikemanain, abisnya kl dimainin sm anak2 malah jd bikin rumah
berantakan, sebetulnya anak2 msh seneng sih sm semua mainannya, cuman sy
nya aja yg males ngeberesinnya.jd kadang kl abis main-main, suka ada
satu ban mobil, satu sendok kecil plastik atau satu tangan bonekanya yg
terlepas, ya sy buang aja...hiks, padahal kl sy kumpulin, mungkin
mainannya masih utuh semuanya ya....

Gimana ya Mba caranya sy nyumbangin itu?
lumayan lho, satu lemari + satu keranjang gede + satu kardus gede, tp kl
yg udah BS bgt sih yg didlm kardus gede itu...:)

Regards

Dewi Candra
Laguboti

Sent: Friday, August 26, 2005 10:38 AM
Subject: Fw: Pasar Murah

> [...]

> Contact Person:
> Tita : ext. 8105 (HP 0816 93 88 13)
> Cynthia S : ext. 8116 (HP 0811 10 37 52)
>
> SEKILAS TENTANG PASAR MURAH
>

> Bila tahun ini Pasar Murah digelar kembali maka ini adalah kali yang
ketiga
> Pasar Murah itu dilaksanakan di wilayah Cisarua, Puncak. Pasar Murah
> kini sudah menjadi acara rutin yang ditunggu-tunggu oleh sebagian
> penduduk dari Puncak hingga Ciawi.
>
> Ide itu sendiri timbul karena ada keinginan melakukan suatu aksi
> sosial menjelang Lebaran. Tapi koq rasanya bosen kalo minta donasi
uang
> [...]
> menyortir barang bekas atau barang yang tidak digunakan lagi/barang
> bekas, memberi ide dan pemikiran, tenaga, semangat/support dan doa.
> Bahkan turut berjualan pada saat D Day sehingga memiliki pengalaman
> dan merasakan interaksi langsung dengan mereka.
>
> 3. Memberikan rasa bahagia dan syukur bagi mereka yang berpenghasilan
> sangat rendah dan tidak berpenghasilan (yatim piatu, janda,
> jompo/lansia) karena menerima donasi apapun bentuknya yang berasal
> dari hasil kas yang diperoleh dan sisa barang bekas dari Pasar Murah
> tersebut yang disalurkan secara langsung ataupun melalui
gereja
> dan mesjid. Hasil penjualan yang diperoleh dapat juga digunakan untuk
> mengadakan aksi social lainnya misalnya: Sunatan Massal, Kesehatan
> Gratis untuk anak2, Beasiswa anak2, sumbangan bencana alam dsb.
>
> Mulailah ide/ajakan disebarluaskan melalui HP, telepon, email, mulut
> ke mulut kepada saudara2/keluarga/teman2/sahabat2 baik itu di
> pekerjaan, kuliah/sekolah SD, SMP, SMA, Universitas, teman main hura2
> ampe teman religius?cpokoknya semua yang sempat dihubungi. Umumnya
> sekitar 3-4
bulan
> [...]

> daftar barang dibawah ini:
> - Pakaian (L/P) : bayi, anak2, anak muda, orang tua: popok, baju
> hamil, jaket, jas, pakaian olah raga, pakaian kantor, pakaian pesta,
> rok, celana panjang/pendek, jeans, kebaya, kain, baju seragam, dll
> - Peralatan untuk berdoa: sajadah, sarung, mukenah, jilbab,
tasbih,
> kopiah, dll
> - Aksesoris (L/P): gelang, kalung, anting2, ikat pinggang, jam tangan,

> kacamata gaya/sakit, dasi, selendang, tas2, dll.
> - Keperluan sekolah: Buku tulis, buku pelajaran, pensil,
ballpoint,
> [...]

menyenangkan.
> Mainan anak habis terjual
> Stand botol minuman anak, tas sekolah, sepatu anak: Barang2 yang untuk

> keperluan sekolah rata2 dijual dengan harga Rp 250,- dengan tujuan
> untuk membantu pendidikan bagi anak usia sekolah. Stand ini juga laku
> keras. Stand pecah belah: Stand ini yang paling cepat terjual
> abis?c.sekitar jam 10:00 pagi sudah terjual habis oleh para ibu2 dan
> pasangan muda yang baru menikah. Hingga sore masih banyak pengunjung
> yang mencari barang pecah belah ini, meskipun sendok, garpu, piring
mangkok
> [...]
> dan celana panjang hitam seharga Rp 50.000,- sedangkan uang yang
> dimilikinya hanya Rp 15.000,-. Berjam-jam ia menunggu dan terus
> menawar dengan gigih, sedangkan sulit bagi kami memberi diskon karena
> masih pagi. Dengan sabar ia duduk disamping kasir stand tersebut
> sambil memegang 1 set baju yang dikehendakinya. Kebetulan pada siang
> harinya Kepala Desa Tugu Utara datang berkunjung dan berniat membeli
3
> potong jas masing2 seharga Rp 50.000,-. Melihat hal tersebut saya yang

> ! memang telah mengenal baik dengan Kepala desa tersebut
langsung
> datang kepadanya menceritakan keinginan dan permasalahan yang
dihadapi
> pak haji tersebut, yang memang merupakan salah satu warganya.
Alhasil
> [...]
> kaos serta menawar dengan harga Rp100,-/buah. Mendengar itu kami
> mengatakan baju2 tersebut sudah sebegitu murah sehingga hampir sama
> dengan harga sebuah krupuk. Ibu itu diam saja dan terus sibuk
> mencermati baju yang dipilihnya satu per satu?c.wajahnya tampak ragu
> dan bingung ingin memilih yang mana dari 5 baju dihadapannya. Cukup
> lama ia berpikir sambil memegang baju2 tersebut, sehingga kami
> bertanya kepadanya apa pekerjaannya. Ternyata ibu ini bekerja
sebagai
> pemotong rumput harian untuk makan sapi dan ia hanya mau
membelanjakan
> [...]
> untuk 2 baju bekas@ Rp 250,- serta hendak meninggalkan lokasi, kami
> semua sepakat memanggilnya dan memberikan secara gratis sisa 3 baju
> yang telah dipilihnya dan mengatakan kami memberikan diskon sehingga
> harganya menjadi Rp100,-/buah. Sulit saya tuliskan disini dan lukiskan

> reaksi wajahnya saat menerima baju2 tersebut. Tapi yang pasti kami
> semua yang berada disitu senang melakukan apa yang baru saja kami
> lakukan.
>

> Demikian sekilas mengenai Pasar Murah yang diadakan di Cisarua. Semoga

> acara ini dapat terus berlangsung dan benar2 dapat menjadi saluran

SUMATERA UTARA !!! ================ Kirim bunga, http://www.indokado.com
dari milis ini, e-mail ke: [EMAIL PROTECTED]