To pa Edi,
nambahin aja, sptnya umur segitu memang anak masih pingin main sendiri, anak
saya juga blum 3 thn, kadang mau berteman, kadang ga, jadi masih wajar banget.
Nanti setelah dia 4-5 tahun pasti sudah mulai lebih pinter sosialisasi.

Suasana makan coba di ganti sedikit, misal makan sambil diputerin musik2
gembira, sambil kasih mainannya jadi dia duduk dan asyik ngutak2 mainannya
sambil disuapin. Atau main piknik2an, kasih tiker, gelas2 kecil, piring dsb,
nah dia sambil disuap ceritanya
ikutan piknik dengan ayah bundanya. Kadang anak senang ditemani makan bersama
dengan orang tuanya, ketimbang dia hanya ditemani pengasuhnya terpisah dgn
ortunya makan di ruang makan sendiri.........

spt yg jeng Intan bilang dibawah... nasi bisa diganti dgn sumber karbohidrat
lain, makaroni, havermut juga bisa.

Semoga membantu.

cheers.

                      intan dima

                      <[EMAIL PROTECTED]        To:
balita-anda@balita-anda.com
                      net.id>                  cc:       (bcc: Nyoman
RAHAYU/IDJKT04/TDE/AREVA-TD)
                                               Subject:  Re: [balita-anda]
Balita 2 th 5 bln

                      Phone:

                      09/01/2005 09:39

                      AM

                      Please respond to

                      balita-anda

diliat lebih jeli lagi pak..... sering malas main sama teman seringnya
sebereapa? seminggu berapa kali main sama teman.... mungkin sebenarnya tidak
ada msalah ya karena belum ada patokan harus berapa sering anak main sama
kawan2nya....
kadang 'main sendiri' memenag dibutuhkan dan diperlukan utk seorang
anak..... bapak liat aja... saat main sendiri, sang anak terlihat bagaimana?
apa sampai bener2 ngga mau makan or minum ? kalau semuanya normal, saya rasa
nothing to worry ya :)

malas makan nasi? karena lauk pauknya itu2 aja kah? atau karena anak nggak
nemu suasana entertaining saat makan? sejak bayi kebiasaan makannya
bagaimana? didudukkan di kursikah? atau sambil lari2 main2?

coba minta sang ibu untuk ciptakan suasanya menyenangkan saat makan......
dan lebih dibikin variasai makanannya..... dan karena sumber karbohidrat
tidak hanya nasi, coba beri sup jagung, or kentang brokoli lumur keju, or
roti panggang.....