kenalog memang ampuh untuk sariawan tapi tdk dianjurkan untuk pemakaina
terus menerus karena mengandung steroid.
bbrp sharing ttg sariawan saya share ya...

1. TANYA

Ada yg ingin saya tanyakan ttg sariawan, maaf sebelumnya kalo sudah
> [...]
> temukan.

> Anak saya Noya, umur 18 bulan udah 10 hari ini lidahnya putih2 dan
> tebal dan sdh semingguan ini ditambah bibirnya merah2 begitu juga skrg
> lidahnya merah2 spt luka / sariawan dan dia suka bilang sakit. Saya
> sudah coba lebih banyak kasih buah2an terutama jeruk dan selalu di
> lepehin. Atau perih kali yaa..
>
> Mohon saran dr Dr Wati dan SPs apa yg harus saya lakukan, kemaren saya
> bawa ke DSA dan DSA hanya kasih sirup Imunos yg kalo saya baca
> keterangannya untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

JAWAB
sariawan penyebabnya virus jadi sebetulnya nggak perlu ada obat.
Mengenai Imunos sudah sering dibahas disini bahwa pemakaian terus
menerus justru akan menekan sistem imun si anak, jadi kalau boleh
menyarakan sebaiknya di stop saja pemberian sirup imunos nya.

Untuk mengurangi rasa sakit karena sariawan mbak bisa mencoba memberikan
makanan yang lembut dan dingin. Kalau sari buah langsung bikin perih,
mungkin buahnya bisa dibuat fruit milkshake atau es lilin untuk
diisep-isep? Anak saya minggu lalu sariawan dan dia paling suka dengan
sari buah yang saya bikin es lilin, saya bikin dari mangga yang di jus +
susu UHT kemudian dibuat es lilin, es lilin mangga dan kacang hijau
favorit dia. Dengan ngemut yang dingin-dingin sepertinya bikin mulutnya
nyaman. Makanan yang lembut dan berkuah akan banyak membantu, seiring
dengan waktu dan daya tahan si kecil, sariawan bisa sembuh dengan
sendirinya.

2. TANYA
Pertama-tama, saya ingin memperkenalkan diri:
Nama saya Carla, baru mempunyai seorang bayi yang berumur 6 bulan bernama
Jocelyn.
Hari Minggu lalu, dia rewel sekali. Tidak biasanya dia begitu. Tidak
ingin
> bermerek

> Yang

Nah,
> anak

JAWAB

3. TANYA
> Wah.. gimana dong bu, lidah anak saya putih loh..
> tapi kalo misalnya tetep dikonsumsi ga apa ya?
> apa efek samping sih bu?
> Masih agak rewel sih anak saya bu...
> tapi semenjak dikasih perangsang makan, dia makannya banyak loh...
> kalo dia memang sariawan di tenggorokan mestinya kan dia nangis ya bu kalo
> makan?
> gimana, bu?

JAWAB
Dear
banyak minum saja nanti kan putih2nya hilang
Kedua, memangnya ada perangsang makan?

wati

4. TANYA
 Anak saya, Daffine, 1,4 tahun sedang sariawan, terutama di lidahnya
> (bagian ujungnya)
>
> Saya call ke dsa nya dan disarankan diberikan micostane (kotak warna
> kuning/tetes)
>
> Mohon share nya agar si kecil bisa nyaman, karena beberapa hari ini dia
> rewel sekali, terkadang mengeluarkan lidahnya.
>
> Apakah penyebabnya anak kita bisa terkena sariawan?
>
> Apakah kekurangan buah or..?

JAWAB
Sariawan kebanyakan penyebabnya adalah virus jadi tanpa obat2an pun akan
sembuh sendiri
 wati

5. TANYA
Dear
kenalog kan ada steroid nya buat apa ya....
wong sembuh sendiri kok
wati

> Dear Mbak Windi,
>
> Kalo aku sariawan, biasanya dioles pake Kenalog ... cepet sembuh.
> Tapi di cek dulu ya .... boleh apa enggak buat anak bayi or anak kecil.
>
> Tyas

6. SHARING
Saya mo sharing nih soalnya saya juga langganan kena sariawan, setiap bulan
mesti kena & ini terjadi sejak pindah ke surabaya 5 th lalu, gak tau kenapa,
mungkin krn panas jg. Pernah konsul dokter & dikasih imunos u/ meningkatkan
daya tahan tubuh. Ampuh juga sih u/ ngobatin saat kena sariawannya tapi
tetep aja sariawan rajin dateng.
Sejak hamil yg kedua tahun lalu, saya rajin minum jus wortel 1/2 kg setiap
hari & berlanjut sampai hari ini, alhasil selama hamil hampir tidak pernah
kena sariawan. Cuma setelah melahirkan kerap kena lagi, mungkin hormonal jg
ya. Jus wortel tetep saya minum & sejak ikut milis Sehat, saya baru tahu
kalo sariawan gak ada obatnya (krn virus) kecuali dg daya tahan tubuh kita
sendiri dan imunos walaupun u/ meningkatkan daya tahan tubuh tapi gak baik
bila dikonsumsi jangka panjang krn malah menurunkan daya tahan tubuh (cmiiw
pls).

Jadi sekarang kl kena sariawan saya perbanyak minum air putih dan kalo bisa
tidur lbh banyak (maklum punya bayi dan anak pertama sekolah pagi sekali,
jadi tidur merupakan barang berharga buat saya ;-)) dan tetep jus wortel &
buah2an setiap hr. Eh beneran sekarang jarang sekali kena sariawan, kalopun
sempet kena kemaren (pipi dlm krn tergigit sendiri) cuma 3 hr lgs
lenyap...wus..wus..

Mudah2an berguna buat yg punya problem dg sariawan ya...
ps. efek wortel kadang menyebabkan kulit menjadi kuning (biasanya keliatan
jelas di telapak tangan) dan sebaiknya distop dulu minum wortelnya s/
kuningnya hilang (cmiiw dok), kalo saya sendiri sih blm pernah ngalami...

Salam,
ibunya dimdim & anya

7. Sharing
Ngomong-ngomong masalah sariawan saya sendiri ini kalau sariawan bisa sampai
2-3 minggu dan besarnya sariawan bisa mencapai 2-3 cm, sedang jumlahnya
variatif pernah sampai 5 sekaligus ... serius. Kadang saya bingung apa ini
penyebabnya ya ? beberapa dokter yang saya hubungi mengatakan sariawan juga
bisa timbul karena strees (meskipun saya sendiri tidak merasa stres ketika
menderita sariawan).

Selama ini saya hanya memakai salep Kenalog ... itupun saya merasa sudah
tidak terlalu membantu. Albotil ? hmm selain sakit  saya merasa tidak
membantu juga.

Ada yang bisa memberikan saran mungkin ?

Salam

Dhanny Jauhar