Setuju!!

Ada orang yg menjadi guru karena panggilan hati, tapi ada juga yg
menjadi guru karena tuntutan pekerjaan. Jika dia menjadi guru karena
panggilan jiwa, karena dia senang mengajar, senang dengan anak-anak,
so pasti ada semacam ikatan bathin dengan anak-anak didiknya. Gak cuma
ngejar target, semua harus sesuai keinginanya walaupun anak-anak gak
happy. N klo ada anak yg gak bisa ngikutin targetnya, dia ngeluh,
komplen, akhirnya lepas tangan. :)

Itu hanya pendapat saya aja. Walaupun saya gak pengalaman menjadi guru
formal, tapi saya pernah menjadi guru sekolah minggu. Kurang lebih
konsepnya sama, mendidik anak. Tapi lebih ke bidang rohani. Btw, klo
di kelas batita or balita pendidikan yg diberikan mirip di pendidikan
formal. Belajar mewarnai, bernyanyi, pokoknya segala macam aktifitas
yg merangsang kecerdasan anak.

Biasanya 1 kelas yg saya pegang terdiri dari 10-15 orang anak yg
beraneka ragam. Ada yg pendiam, ada yg suka lari lari, ada yg seneng
tidur di kelas, ada yg seneng nangis, hehe..namanya juga balita.
Ada juga anak yg melenceng jauh dari kebiasaan teman-temannya yg lain.
Justru disinilah tantangan buat saya untuk mengontrolnya. Mencari tau
sebabnya dan memikirkan solusinya. Kebanyakan sih, anak-anak yg di
cap "nakal" itu hanya ingin diperhatikan lebih. Ingin di anggep.
Ingin di nomor satukan. So, saya harus beri si anak perhatian yg
lebih dari teman-temannya, klo perlu diberikan tanggung jawab atau
tugas tugas yg bisa dia lakukan, ex. jadi ketua kelas mimpin baris
berbaris, disuruh pimpin do'a, dsb. Sehingga sifatnya yg suka bikin
"ribut" di kelas bisa tersalurkan.

Sekedar sharing.

--
Best regards,