Hallo Mbak Wanda...

Mau sharing aja nih...
Kayanya ngga masalah deh , ngajak batita kita ke pemakaman umum , kalo ga
mau panas jangan siang2 perginya , agak pagian aja ato bawa payung kecil dan
bekal minuman dingin juga .
Kalo pengalaman saya bawa my Arya (2 th, 3 bln ) ke makam papa nya , sejauh
ini Arya ngga pernah rewel , ya itu trik nya seperti yg saya sebutkan di
atas .

Sama , Arya juga udah mulai banyak tanya ttg macem2 , sejauh ini saya kasih
penjelasan yang ringan2 aja , misalnya Arya tanya " Papa Taufiq  mana ? ,
saya bilang papanya sakit trus bobo di dalam sini , trus Arya bilang lagi "
iihh..tatut...( mungkin dia pikir kaya yg di film2 rahasia Ilahi itu kali ,
di pocongin ato apalah , trus saya bilang " ngga takut...kan di temenin sama
Allah , eh kayanya dia ngerti tuh...trus dia langsung baca do'a gitu deh  .
komat-kamit mulut nya ( lucu campur haru biru deh , kalo Arya lagi berdo'a
di depan makam papanya )
Trus dia ngga ngebolehin kita nabur bunga , mesti dia aja , sambil ngomong
ngga jelas ( ngobrol sendiri ) .
Kalo arti nya meninggal mungkin untuk anak sekecil Arya ato Salma belum
begitu paham ya...
jadi saya suka jelasin nya "bobo..tapi bobonya lamaaaaaa...banget .."
kadang saya juga suka takut salah juga sih ...., mungkin seiring tambah umur
nya nanti kita bisa kasih penjelasan yang lebih baik lagi.
Oke deh mbak wanda , mudah2an anak2 nya nanti pada ngga rewel ya...
kita bikin suasana kaya mau jalan2 biasa aja kali ya...
segitu aja sharing nya , maaf kepanjangan

Salam ,
Vera mamanya Arya