----- Original Message ----- From: "eka nurfitri" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Wednesday, September 28, 2005 11:30 PM
Subject: Re: Fw: [sehat] [T] Batuk terus harus Ronsen&mantux?

Dear mba Juju,
BKB alias batuk kronik berulang ga selamanya TBC. Ini saya sertakan patokan sederhana tentang beberapa penyakit karena BKB yang sering ditemui, saya harap dapat membantu:
A. TBC
1. Mantoux test merupakan tes untuk TBC yang paling reliable, dengan sensitivitas dan spesifisitas 97%, tapi hanya menunjukkan bahwa seorang anak telah "terinfeksi" alias kenalan dengan kuman TBC jika positif (ingat yang diukur adalah indurasinya bukan kemerahannya) bukan sakit TBC. Pada beberapa keadaan misalnya gizi buruk, kanker atau terlalu lama memakai kortikosteroid bisa negatif palsu, sedangkan bila anak sangat hipersensitif bisa positif palsu 2. Gejala klinis adalah yang menentukan apakah seorang anak sakit atau tidak pada mantoux positif, misalnya berat badan turun, BKB, sering demam > 8x/6 bulan, keringat malam, pembesaran kelenjar getah bening. 3. Rontgen dada harus dilakukan dari depan (AP) dan samping (lateral) dan yang dinilai bukan adanya flek melainkan pembesaran getah bening, perkapuran, perselubungan (Ps. dokter wati, menurut dokter Budiman, SpA(K) kalo anak di rontgen saat batuk/pilek atau habis lari-lari pasti ada flek, saya sendiri belum pernah membaca/mencari jurnalnya ). 4. Laboratorium, ternyata laju endap darah tidak memainkan peranan penting, melainkan jumlah leukosit dan limfosit pada hitung jenis, ini dapat membantu menentukan apakah mantoux negatif pada anak palsu atau tidak. 5. Ada kontak TB, kadang susah kita tahu, TB masih dianggap bikin malu soalnya

B. Asma/alergi, biasanya BKB disebut mild asthma
1. Biasanya batuk malam menjelang pagi hari
2. Riwayat keluarga atopi/alergi
3. Ada pencetus batuk
4. Berat badan dan aktivitas bisa turun karena anaknya "sibuk" batuk...

C. Pneumonia atipik
1. Batuk melulu
2. Tidak ada yang mengarah ke TB dan alergi
3. anak tidak sesak walaupun foto rontgen-nya "rame" cenderung "mengerikan"
4. Tidak sembuh dengan antibiotika biasa, harus dengan golongan makrolide

Saran saya sih sebaiknya ibu bawa ke DSA lagi dan coba "membicarakan" secara lebih personal dan "in touch" mengenai masalah anak ibu, dan sebagai second opinion mungkin ibu bisa ke ahli respirologi anak di RS Ciptomangunkusumo atau tempat praktek ahli-ahli tersebut bila siang hari tidak sempat (Ps. dokter wati, nanti kalo disebut tempatnya dikira promosi, hehehehe ).

wass, eka