From: vinty novitasari [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, October 05, 2005 2:11 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] Kewajiban Istri

Sekedar sharing pak agus,

saya istri sekaligus ibu beranak 2 yang masih bekerja, dan sudah tinggal
terpisah dari orang tua, kenapa saya masih bekerja ? banyak orang yang
bertanya begitu. Dalam hati kecil saya sangat ingin berhenti bekerja,
karena mencari pembantu untuk mengurus rumah dan anak bukan main
sulitnya, belum lagi rasa bersalah meninggalkan anak dirumah. yang
membuat orang masih bekerja walaupun hati kecilnya menolak, adalah
kebutuhan pak, yang paling utama adalah kebutuhan ekonomi. Mari
berhitung secara rasional, maka bapak akan menemukan bahwa saat sekarang
ini kebutuhan rumah tangga (belanja dapur, sekolah, rumah sakit, sosial,
rekreasi ) sudah sangat luar biasa, dan yang paling mengetahui masalah
ini adalah istri. Jika suami bisa memberikan jaminan kepada istri bahwa
kebutuhan akan terpenuhi dari sumber-sumber yang secara rasional bisa
terlihat, dimana pada saat ini bagi pasangan muda masih merupakan
impian, maka istri akan tenang meninggalkan pekerjaan diluar rumah.
percayalah pak, kein  ginan  terbesar seorang ibu adalah mengurus
anak/keluarga sebaik-baiknya.Menjadi ibu rumah tangga profesional adalah
karir yang tidak mudah dijalani, dan dengan penghargaan yang masih
sangat kecil dari lingkungan masyarakat kita (atau malah lingkungan
keluarga kita sendiri ? ). Maka sekarang yang bisa saya lakukan adalah
membuat rencana anggaran keuangan keluarga (family planning) yang
sebaik-baiknya, sehingga diharapkan tidak harus bekerja diluar rumah
sepanjang sisa hidup. paling tidak harus memanfaatkan nilai yang
diperoleh setiap bulannya dengan perencanaan yang baik, dan dengan
target yang jelas, misalnya, paling tidak 5 tahun lagi saya akan
berhenti bekerja, dari sekarang sudah mencari alternatif pekerjaan yang
bisa menutup kekurangan yang terjadi akibat berhenti.Bagaimanapun pak
kekhawatiran istri jika harus menghadapi 1,2,3, orang anak yang sakit,
atau uang sekolah yang mesti dibayar, atau beras yang tinggal 1 liter,
sedangkan uang tak ada, harus dipertimbangkan. memang rejeki bisa datang
dari mana saja, dan dari sumber yang tak diduga-duga, namun, prinsip
lebih baik tangan diatas daripada tangan dibawah harus tetap diusahakan,
lebih baik jika kita bisa menolong diri kita dahulu, paling minimal,
tidak merepotkan orang lain.

salam

Yahoo! for Good