gaby waktu seumuran Zahra juga begitu. Sekarang dia
empat tahun dan kalau ngomong nggak bisa direm,
nyerocos terus.
Waktu gaby gagap, saya konsultasi dgn psikolog Tika
Bisono (kebetulan ketemu di suatu acara), kata Mbak
Tika, anak jadi gagap karena: 1. dia mengalami trauma
yang menguncang batinnya. Misalnya, karena dipaksa
memakai tangan kanan padahal dia kidal.
2. dia terbawa lingkungan, misalnya ada yang gagap di
sekitarnya, krn menurut si kecil itu cara bicara yg
benar, ditiru. Sebenarnya ada bbrp penyebab lainnya,
tapi saya lupa-lupa ingat.

Kata Mbak Tika, anak hrs diterapi, dijauhi dari
masalahnya. Misalnya jgn dibuat gugup, kena stres,
dipaksa, dimarahi.

Gaby, ketahuan gagap kalau dimarahi dengan suara
keras, jadi dia emang nggak bisa dibentak. Tapi,
sekarang dia sudah normal lagi, jadi kalo dimarahi ya
sudah nggak gagap. hehe...

mamanya gaby dan angie