Mbak Pipit,

Nambahin dikit ya.
Kalo ASI gak dikeluarkan saat ibu bekerja, jelas produksi ASI juga akan
terhambat kan ?!
Spt yg mbak uci katakan.
Gini deh mudahnya.
Bayangin saya ini jualan kue.
Hari ini saya bawa 5 kue. Tapi yg dibeli/diambil hanya 3 kue.
Kira2 besok kalo saya mau bikin kue lagi saya akan bawa 5 atau > 5kue ?
atau < 5 kue ?
Jelas yg < 5 kue ya. Gak mungkin dong saya produksi > 5 kue kalo yg ambil
hanya < 5 kue.
Nah begitu juga ilustrasinya dg cara kerja ASI diproduksi.
Makin sering disusui/diperah/dipompa, maka makin byk juga yg diproduksi.
Makin ibu tenang, relax, maka main lancar juga ASI.
Jadi bukan hanya masalah payudara jadi kenceng aja krn gak dipompa.
Tapi lebih ke produksi ASI juga terhmbat kalo gak dikeluarkan ASInya.
Ok mulai perah / pompa ya mbak.
Percaya deh dg ASI, mbak dan anak mbak mendapatkan ratusan manfaat yg
tidak ternilai harganya.
Investasi masa depan anak juga.

Soal puasa dan menyusui. (Utk yg non muslim, maaf ya).
Dua minggu ini bahasan soal ibu menyusui & berpuasa jadi topik "panas"
kalos aya lg on air di Ras FM.
Byk yg "memaksakan" diri berpuasa, meski ASInya drop drastis.
Ada juga yg merasa bersalah krn gak berpuasa saat ia masih menyusui
eksklusif.
Apapun itu saya belajar kembali satu hal.
Bahwa Islam itu agama ygpenuh dg kemudahan.
Jika memang puasa akan memberatkan atau membahayakan bagi ibu menyusui,
maka yakinlah Allah SWT akan mengHARAMkan ibu menyusui berpuasa.
Demikian jgua sebaliknya. Jika memang puasa itu tidak menjadi masalah bagi
semua ibu menyusui, maka percayalah Allah SWT akan meWAJIBkan tiap ibu
menyusui berpuasa.
Jadi.......saat ini hukum dalam Islam yg ada adalah sebuah kemudahan utk
ibu menyusui.
Tiap ibu adalah unik. Ada ibu yg tidak bermasalah dg ASInya dan tubuhnya
atau bayinya akibat ia berpuasa.
Tapi ada juga yg tidak.
Karena hal itu lah maka diberikan kemudahan spt kemudahan yg didapat utk
musafir.
Artinya lagi.....semua kembali kepada tiap ibu.
Intinya semua kembali ke niat kok.
Kalo kita yakin dan memang melihat tidak ada impact (terutama utk ibu
menyusui eksklusif) thd sang bayi, maka silahkan berpuasa.
Tpai jika ASI jadi menegring, bayi jadi rewel, ibu jadi pusing berkunang2
dsbnya, maka kenapa tidak membesarkan diri utk mengambil kemudahan yg
telah ada.
Wallahu 'alam bishshowab.

Pilih yg bijak & terbaik ya mbak. Moga membantu.
Luluk